CALIFORNIA, HARIANACEH.co.id — Lewat Android teranyar, Lollipop, Google tidak hanya membenahi tampilan antarmukanya (user interface). Ada juga hal baru pada aplikasi Gmail. Penampilannya kini lebih segar dan menawarkan kemudahan. Berikut empat hal yang diunggulkan, seperti dirangkum situs CNET, Rabu, 5 November 2014.

Desain baru

Gmail versi anyar ini menonjolkan penampilan yang lebih sederhana dan tidak banyak detail. Ada lebih banyak ruang berwarna putih yang memberikan kesan luas.

“Pengguna tidak perlu khawatir ketika ingin menemukan kategori, karena ini ditampilkan dalam bentuk icon,” ujar CNET. Ini akan membuat lebih hemat waktu ketika pencarian dilakukan bersamaan dengan aktivitas lain, misalnya browsing.

Akses ke banyak akun

Baca Juga:  Benarkah Battlefield 5 Akan Hadir Tahun Depan?

Gmail versi ini dapat menambahkan akun surat elektronik dari layanan selain Gmail. Contohnya, kontak dari Yahoo! Mail dan Outlook.com dapat secara otomatis tersimpan di ponsel Android.

Ini merupakan langkah yang tepat bagi Gmail dalam memudahkan penambahkan kontak para kolega. Sifat fleksibel ini tidak dapat dijumpai di versi Gmail terdahulu. Google selama ini hanya memperbarui Gmail dengan menambahkan perubahan yang dinilai tidak signifikan.

Interaksi dengan inbox

Pilihan untuk menulis pesan kini terletak di bagian kanan bawah layar. Ini bakal memudahkan pengguna dalam mengetik pesan. Tombol reply juga muncul di bagian bawah pesan. Ketika pengguna selesai membaca pesan, maka dapat dengan cepat membalas.

Baca Juga:  Mesin Konsol Jalan Akhir Pilihan Konami

Pilihan untuk swiping

Pada Gmail versi lama, hanya ada satu pilihan untuk menghapus pesan dengan cara menyapu (swipe). Swipe kini dapat digunakan untuk mengatur menu Archive dan Delete.

Secara keseluruhan, penampilan baru Gmail akan meningkatkan kenyamanan pengguna. Penambahan tombol baru merupakan faktor yang menentukan hal tersebut.

Selain memperbarui Gmail, Google juga melakukan penyegaran pada aplikasi Calendar. Aplikasi ini bekerja lebih baik dengan membantu pengguna mengatur jadwal kegiatan. “Misalnya, konfirmasi jadwal penerbangan akan otomatis masuk ke Calendar,” tulis situs The Next Web.

 

loading...