HARIANACEH.co.id —┬áVarian motor sport dari Kawasaki yakni Ninja 250, kini mengalami pengembangan dengan adanya penambahan sistem kopling slipper clutch.

[-“O6Y6nwPFVHlHsgCaFFnvSQTb2CUmKlXm”]Sebelumnya, sistem ini memang sudah digunakan pada motor-motor Kawasaki lainnya. Namun sistem ini sendiri memang hanya bisa diaplikasikan terhadap motor dengan kapasitas mesin yang besar.

Sistem yang bernama “Assist and Slipper Clutch” ini diketahui memiliki dua fungsi. Yang pertama adalah assist clutch, yang terjadi saat motor mengalami akselerasi. Sedangkan slipper clutchberfungsi saat motor mengalami deselerasi.

Saat motor mengalami penurunan gigi atau downshift dengan cepat, kopling biasanya akan mengalami back torque atau kondisi torsi yang berlebih. Kondisi ini bisa membuat ban belakang mengalamiskid, sehingga ban kehilangan kontrol traksi pada permukaan jalan.

Baca Juga:  Kostum Baru Super Brutal Sang 'Banteng' Legendaris

Seperti disampaikan melalui siaran pers yang diterima Suara.com, Rabu (5/11/2014), slipper clutch pada Ninja 250 ini akan mengurangi kerugian akibat gejala tersebut. Artinya, sistem ini akan mengurangi kesulitan pengendalian akibat ban belakang mengunci yang menyebabkan skid.

Disebutkan lagi, Ninja 250 sendiri dilengkapi dengan mesin bersilinder ganda, sistem katup DOHC (Double Overhead Camshaft), serta berpendingin cairan. Dengan mesin tersebut, motor ini bisa mengeluarkan tenaga 32 hp dengan torsi 21Nm.

 

loading...