SOFTWARE

Sistem Operasi Jelly Bean Masih Mendominasi Perangkat Android

HARIANACEH.co.id — Google kembali memberikan update terbaru di halaman Platform Version untuk Android yang di antaranya menjelaskan adopsi sistem operasi Android di piranti yang digunakan konsumen saat ini. Update tersebut menunjukkan bahwa Jelly Bean masih mendominasi meski turun beberapa persen dari sebelumnya karena dirilisnya versi baru Android 4.4 KitKat beberapa waktu yang lalu.

[-“MmwfWNPbA6v31u9ddagvTQoddtVEGzJ6”]Meski termasuk baru, jumlah adopsi Android KitKat termasuk pesat karena kini hampir sepertiga piranti mobile Android yang ada sudah dijalankan dengan OS tersebut. Sementara Nexus 9 yang baru saja diluncurkan dan dibenami OS terbaru v5.0 Lollipop belum menampakkan jumlah yang signifikan.

 

Dalam daftar update yang diumumkan Google, ada perubahan antara adopsi OS Android untuk bulan September dan November. Di bulan November ini Android 4.4 KitKat naik 5.7 poin dengan persentase adopsi 30.2%, Android 4.1/4.2/4.3 Jelly Bean turun 2.9 poin dengan persentase 50.9%, Android 4.0 Ice Cream Sandwich turun 1.1 poin dengan persentase adopsi 8.5%, Android Gingerbread turun 1.6 poin dengan persentase adopsi 9.8% dan Android 2.2 Froyo turun 0.1 poin dengan persentase adopsi 0.6%.

Data Android November 2014. (Google)
android adoption september 2014

Data Android September 2014. (Google)

Data ini sendiri dikumpulkan dengan tool khusus dan juga didapatkan dari aplikasi Google Play Store yang membutuhkan OS Android 2.2 ke atas. Ini berati piranti yang dijalankan dengan versi lebih lama tidak masuk dalam pendataan termasuk piranti yang tidak memiliki Google Play seperti jajaran Amazon Fire.

Dengan diluncurkannya Nexus baru yang dibenami dengan OS Lollipop serta update untuk piranti di bawahnya yang akan diumumkan tak lama lagi, nampaknya juga akan segera mengubah prosentase keseluruhan adopsi OS Android. Apalagi momen liburan yang akan segera datang di akhir tahun yang biasanya menjadi momen khusus dimana para konsumen akan mengupdate piranti mereka ke piranti baru, alias membeli piranti baru. Sangat mungkin Lollipop akan segera naik ke posisi ketiga meski mungkin akan cukup lama bisa duduk di posisi kedua atau bahkan ke posisi pertama. Google sendiri sampai saat ini belum memberikan tanda kapan pengguna Android bisa mengupdate OS piranti mereka ke versi terbaru.

 

TERPOPULER

To Top