HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Tiket dan Pajak Bandara Siap Garuda Satukan Lagi

3

JAKARTA, HARIANACEH.co.id – Executive Vice President Marketing and Sales PT Garuda Indonesia (Persero), Erik Meijer, mengatakan perseroan siap kembali menyatukan pajak bandara (airport tax) ke dalam komponen harga tiket pesawat.

[-“tiRVYbcBz5Xf5zZI1JDsqiSqX3XIj5e0”]Kebijakan bernama Passenger Service Charge on Ticket (PSC on Ticket) ini sempat dilakukan Garuda selama dua tahun, namun kemudian dihentikan karena menyebabkan kerugian. “Kami siap melakukannya kembali, buktinya sudah bisa selama dua tahun,” kata Erik di Restoran Kembang Goela, Kamis, 6 November 2014.

Namun, kata Erik, penerapan PSC on Ticket harus sesuai standar International Air Transport Association (IATA). Salah satu standarnya adalah semua maskapai harus melakukannya. Tidak cuma Garuda. “Standar globalnya seperti itu,” kata Erik.

Garuda memberlakukan PSC on ticket untuk penerbangan domestik pada 1 Oktober 2012 sampai 30 September 2014, sesuai kontrak dengan PT Angkasa Pura I dan II. Menurut Erik, kebijakan ini dihentikan karena Garuda merugi Rp 2,2 miliar per bulan. Kerugian itu salah satunya disebabkan oleh PSC tiket multileg stop over yang tak terkumpul.

Senior Public Relation Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan, mengatakan Garuda tidak bisa memungut pajak bandara dari penumpang multileg. Ini adalah penumpang dari luar negeri yang awalnya terbang dengan maskapai asing dan melanjutkan perjalanan ke Indonesia dengan Garuda.

Bandara di Indonesia juga belum terdaftar di sistem IATA sehingga pembayaran airport taxdari luar negeri tidak bisa dilakukan otomatis. Di sisi lain, Angkasa Pura menagih airport taxsesuai dengan jumlah penumpang yang diangkut maskapai. Akibatnya, Garuda harus menomboki pajak dari penumpang luar negeri tak terpungut.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meminta semua maskapai memberlakukan PSC on Ticket paling lambat akhir 2014. Pada 9 September 2014, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan peraturan mengenai sistem ini, namun tidak ada batas waktu penerapannya. Akibatnya hanya Citilink yang memberlakukan PSC on Ticket.

 

loading...