GAYA HIDUP

Cegah HIV/AIDS Dengan Setia Pada Pasangan

HARIANACEH.co.id — World AIDS Day atau Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember kemarin menyadarkan kita untuk mencegah penyakit yang belum dapat disembuhkan ini.

[-“cRMmN514V81WLu9BoRT6AfnrcwVNynNM”]AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) merupakan tahap akhir dari infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Data terbaru yang dilansir Balitbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan kasus HIV/AIDS hingga 30 September 2014 ini sebanyak 22.869 kasus HIV dan 1.876 kasus AIDS. Jumlah ibu yang terjangkit HIV/AIDS menempati kategori tertinggi, yaitu mencapai 6.539 orang.

Penyebab utama penyebaran virus HIV ini salah satunya adalah gemar bergonta-ganti pasangan, dan mengonsumsi obat-obatan terlarang atau narkoba. Virus ini meyebar melalui transfusi darah, hubungan seks tanpa kondom, suntikan jarum yang sering digunakan dan penularan ibu ke anak.

Meski tak bisa disembuhkan ada cara pencegahan yang bisa kita lakukan. Pemerintah melalui Kemenkes pun tidak bosan-bosannya mensosialisasikan prinsip ABCD, yaitu Absen seks, Bersikap saling setia, Cegah dengan kondom, Dilarang menggunakan Napza.

Berikut penjelasannya lebih lanjut:

1. Absen seks
Salah satu tips terbaik untuk mencegah AIDS dan penyakit menular seksual lainnya. Tidak bercinta atau menolak untuk bercinta bisa mejadi trik terbaik menghindari kemungkinan terkena infeksi penyakit ini. Ini adalah cara terbaik untuk menghindari kontak dengan cairan vagina, air mani dan cairan pra-mani .

2. Bersikap saling setia
Setia pada satu pasangan akan membuat Anda mendapatkan kehidupan yang sehat dan teratur. Keluarga yang Anda bina pun jauh dari hal-hal negatif terlebih kasus HIV AIDS.

3. Cegah dengan kondom
Untuk mencegah HIV AIDS, Anda harus selalu menggunakan pelindung atau kondom.

4. Dilarang menggunakan Napza
Suntikan jarum yang dipakai bergantian dan tidak steril dapat menyebabkan risiko. AIDS menyebar karena transfusi darah, jadi sangat berhati-hati sebelum memakai jarum dan hindari penggunaan Nap

TERPOPULER

Keatas