HARIANACEH.co.id — Konglomerat Cina, Wanda Group tengah melakukan pembicaraan dalam mengakuisisi Lions Gate Entertaiment, perusahaan film yang memproduksi Hunger Games. Wanda yang awalnya adalah perusahaan properti komersial di Cina sudah membeli bioskop berjaringan AMC Entertainment sebesar 2,6 miliar dolar Amerika pada 2012 lalu.

[-“CLr4BihPyxXfEntrabU3D16vSsyTSMpa”]Wanda Group, Wang Jianlin adalah orang terkaya di Cina dengan jumlah kekayaan mencapai 13,2 miliar dolar Amerika. Wang sudah berbicara dengan pemilik Lions Gate yaitu Mark Rachesky, yang berencana menjual 37 persen sahamnya.

Selain dengan Wang, Rachesky juga sudah berbicara dengan sejumlah investor lainnya termasuk dengan pendiri perusahaan internet Alibaba, Jack Ma. Sejak masuk ke bursa saham di New York pada September lalu, Alibaba sudah mengakuisisi sejumah perusahaan di industri hiburan.

Baca Juga:  Film Deadpool 2 Akan Tayang pada Tahun 2018

Wanda tidak hanya tertarik untuk membeli saham di Lions Gate Entertainment tetapi juga di perusahaan film lainnya yaitu Metro Goldwyn Mayer yang memproduksi film James Bond. “Industri film di Cina tengah booming. Membeli perusahaan film Amerika yang ternama akan membantu distribusi film mereka di luar negeri,” kata analis.

Juli lalu, Wanda berencana untuk investasi sebesar 900 juta dolar Amerika untuk hotel bintang lima dan kompleks apartemen di Chicago.

loading...