HARIANACEH.co.id — Anda mungkin termasuk tipe orang yang selalu mengecek dan menjawab surat elektronik atau imel yang masuk keinbox anda. Faktanya, masyarakat beranggapan bahwa pekerja ideal adalah yang selalu”on”. Rata-rata karyawan menghabiskan 28 persen berurusan dengan surat elektronik (surel).

[-“8pfcswHeQU679lv2wtiXbWsbUfGFCwmV”] Sebuah survei yang dilakukan pada 2013 menyebut, 81 persen karyawan di Amerika selalu mengecek surat elektronik kantor mereka di luar jam kerja. Sedangkan sepertiga lainnya mengaku selalu mengecek surel beberapa kali dalam sehari di luar jam kerja.

Responden lainnya mengungkapkan, mereka selalu menjawab surat elektronik itu dalam 15 menit. Peneliti mengungkapkan kebiasaan yang dilakukan karyawan dengan selalu mengecek dan menjawab surat elektronik dari bos, rekan kerja atau klien sebagai tekanan kerja jarak jauh.

Baca Juga:  Saat Merawat Bayi, Inilah Hal yang Perlu Dihindari

Tekanan kerja ini bukan hanya menjadi penyebab stress di kantor tetapi juga bisa mengganggu kesehatan. Hasil penelitian yang akan dipublikasikan di Journal of Occupational Health Psychology menyebutkan, rutinitas mengecek dan menjawab surel memberikan kontribusi kepasa kelelahan fisik dan mental.

Para peneliti bertanya kepada 300 karyawan seberapa sering mereka membalas surel di jam kerja dan juga akhir pekan, hari libur serta saat tengah sakit. Mereka juga melihat waktu yang diperlukan karyawan untuk merespon surat elektronik yang masuk dan bertanya sejumlah pertanyaan terkait kesejahteraan dan juga dinamika di tempat kerja.

Karyawan yang mengalami tekanan kerja jarak jauh sepakat dengan pernyataan mengalami kelelahan seperti,” Saya tidak punya tenaga lagi untuk bekerja di pagi hari.” Mereka juga merasa lelah dan tidak fokus. Tekanan kerja jarak jauah ini juga terkait dengan tidur yang tidak nyenyak.

Baca Juga:  Mungkin Ini Sebabnya Jika Anda Alami Kegagalan Kehamilan

Hasil penelitian itu mengungkapkan bahwa mengecek dan menjawab surat elektronik bukan hal yang baik untuk kesehatan dan produktif. Karyawan juga dianjurkan untuk menonaktifkan surat elektronik mereka setelah jam kerja usai.

loading...