HARIANACEH.co.id — Apple dan Samsung boleh saja menjadi dua penguasa di segmen smartphone. Namun kalau dihitung secara keseluruhan, saat ini smartphone Android dari Cina nampaknya menjadi penguasa. Menurut data dari TrendForce, sebanyak 450 juta unit smartphone dari Cina bakal dipasarkan hingga akhir tahun ini.

[-“cbO3pZiIXv6EK7wGkilbrLNVScfct95j”]Mereka pun mencatatkan kalau sejak tahun 2011, para vendor dari Cina terus mengalami peningkatan angka pengiriman smartphone ke pasar dunia. Peningkatan tersebut pun cukp signifikan, karena terus mengalami penambahan sebesar 50 persen. Dan pada tahun ini sendiri, secara total angka pengiriman smartphone ke pasar dunia mengalami peningkatan sebesar 38,6 persen.

Baca Juga:  "Jobs" Bantu Lenovo Untuk Buat Smartphone

Analis dari TrendForce Alan Chen mengungkapkan kalau saat ini para produsen smartphone dari Cina secara akumulatif menguasai 40 persen market share dunia. Dan angka tersebut pun diperkirakan terus mengalami peningkatan, bahkan pada tahun 2016 mendatang, vendor dari Cina bakal menguasai sebanyak 50 persen market share smartphone dunia.

Lebih khusus, tiga perusahaan Cina, yakni Lenovo, Huawei serta Xiaomi menjadi yang paling mencolok. Ketiga perusahaan tersebut masing-masing berhasil memasarkan sebanyak 60 juta handset pada tahun ini. Dan pencapaian tersebut membuat ketiganya hanya kalah dari Apple dan Samsung.

 

loading...