HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Dari Harga hingga Rasa, Kisah Korban Miras Oplosan

1

SUMEDANG, HARIANACEH.co.id – Rangga, 20 tahun, korban minuman keras oplosan, terkulai lemas di tempat tidurnya di Instalasi Gawat Darurat RSUD Sumedang, Kamis, 3 Desember 2014. Di tangannya menempel infus yang sedari sore terpasang di lengan kanannya.

[-“fjMgdCrmB8ZwkMfWBopD5hlbCk3du5at”]Rangga mengangkat badannya ketika sang ibu hendak menyuapi satu sendok obat cair berwarna merah muda. Di sana ia tidak sendirian. Di sekelilingnya banyak pasien yang mengalami derita yang sama. Rangga terpaksa masuk rumah sakit ketika merasakan gejala keracunan setelah meminum minuman keras oplosan pada akhir pekan lalu.

“Teman saya juga ada yang meninggal,” ujar Rangga, Kamis, 4 Desember 2014, seperti dilansir laman Tempo.

Pada Sabtu akhir pekan kemarin, Rangga dan teman-temannya mengadakan pesta minum-minum di dekat rumahnya di Desa Ciguling, Kecamatan Sumedang Selatan. Ia membeli minuman bermerek Gingseng. Ia mengakui merek tersebut merupakan minuman kesukaannya. Pasalnya, harga minuman tersebut terjangkau untuk sakunya yang sedang tunakarya. “Ya, kalau minuman lain, mah, mahal. Gingseng cuma Rp 10 ribuan,” ujarnya.

Namun, pada Sabtu itu, Rangga dan teman-temanya merasakan ada yang berbeda dengan minuman tersebut. Menurut dia, minuman itu terasa lebih pahit dari biasanya. Padahal ia sudah berlangganan minuman tersebut sejak tiga bulan lalu. Rangga pun merasakan efek yang berbeda. “Pusingnya juga beda,” ujarnya. Namun Rangga tak ambil pusing dengan rasa tersebut. Ia tetap melanjutkan pesta bersama teman-temannya.

Selang beberapa hari setelah pesta minum-minum itu, Rangga mendengar kabar teman sekampungnya ada yang meninggal setelah keracunan minuman yang sama dan dibeli dari tempat yang sama pula. Ditambah lagi media massa ramai menyiarkan banyaknya korban yang berjatuhan akibat miras oplosan. Rangga pun bertambah waswas. Ia langsung berbicara kepada ibunya agar dibawa ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan.

“Terakhir dengar info kalau teman saya yang meninggal itu minumannya dicampur Torpedo (minuman penambah stamina),” ucapnya.

Kini, Rangga bersama puluhan pasien lainnya telah menjalani perawatan di RSUD Sumedang. Rangga dan pasien lainnya menderita pusing-pusing berkelanjutan dan mual-mual.

 

loading...