JAKARTA,HARIANACEH.co.id — Penyedia solusi navigasi, HERE, tengah berfokus mengembangkan teknologinya di Indonesia. Untuk menerapkan hal tersebut, anak usaha Nokia ini memperkuat komunitas di Tanah Air.

[-“nDFFlsiIv8iR9wCuVYOTCzQxaplC2081”]Komunitas yang dibentuk sejak 2013 itu terdiri atas seribu anggota yang terbagi dalam tiga kelompok, yakni umum, mahasiswa, dan universitas. Mereka membantu tim teknis HERE mengumpulkan data di seluruh wilayah Indonesia.

“Komunitas adalah strategi kami, khususnya dalam pengumpulan data,” ujar Visual Product Manager HERE Asia Tenggara Triawan Iswara dalam seminar bertajuk “Enhance Your Business with Geographic Information Systems (GIS), Accurate Data, and Digital Technology” di Jakarta, Kamis, 4 Desember 2014.

Baca Juga:  Kabarnya Ponsel Huawei P9 Akan Dibekali Kamera Ganda

Triawan menuturkan komunitas HERE bertugas melaporkan beragam informasi, baik tulisan muapun foto. Informasi tersebut khususnya jika terdapat pembangunan jalan dan gedung atau adanya perubahan nama suatu tempat.

Dia menjelaskan, setelah informasi terkumpul, berikutnya adalah melakuan coding pada database, lalu memeriksa kualitas dan akurasi. “Terakhir adalah melakukan validasi untuk mencocokkan dengan fakta di lapangan.”

Tim teknis HERE di Indonesia menggunakan dua unit kendaraan yang dilengkapi kamera dan global positioning system (GPS). Mobil tersebut rutin membidik jalan dan berbagai tempat di Tanah Air.

Khusus untuk sejumlah tempat, kata Triawan, HERE membidiknya secara lengkap. Saat ini, ujar dia, ada 20 pedagang yang mengizinkan tempatnya dibidik secara detail.

Baca Juga:  Di App Store Sudah Tersedia Aplikasi Apple Support

HERE memperbarui informasi dalam periode tertentu jika terdapat perubahan pada suatu wilayah. Periode dapat dilakukan setiap pekan, bulan, dan kuartal. “Jika ada perbaikan jalan yang menyangkut perubahan rute, pembaruan kami lakukan setiap pekan,” tutur Triawan.

HERE juga dikenal sebagai penyedia aplikasi peta HERE Maps pada telepon pintar Lumia sejak masih bernama Nokia Lumia. Selain menyediakan aplikasi bagi pengguna perorangan, perusahaan juga menyasar konsumen korporasi.

 

loading...