HARIANACEH.co.id — Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI FHB Soelistyo siap bekerja keras untuk melakukan pencarian dan evakuasi terhadap badan pesawat dan jenazah korban. Dia bahkan menegaskan bahwa pihaknya tidak akan pernah membiarkan atau menyerah melakukan evakuasi selama keberadaan badan pesawat dan jenazah korban sudah dipastikan.

“Tidak akan kita membiarkan saudara kita di bawah, sepanjang kita ketahui dan kita pastikan. Di dalam bangkai pesawat pun, kalau kita ketahui posisinya akan kita lakukan evakuasi, ” kata Soelistyo di Gedung Basarnas Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis(1/1/2014).

Karena itu, Soelistyo akan terus melakukan pencarian termasuk menerima bantuan dari kapal canggih luar negeri untuk segera memastikan posisi dari badan pesawat berpenumpang 155 orang tersebut. Menurutnya, dengan sonar pendeteksi logam yang dimiliki kapal, maka keberadaan dapat segera dipastikan. Adapun, bantuan yang sudah ada di dekat lokasi pencarian saat ini adalah kapal Jepang yang tinggal menunggu intruksi untuk segera beroperasi.

Baca Juga:  Saat Pesta Tahun Baru, Rumah Warga Cilincing Terbakar

“Saat ini kapal asing yang siap membantu kita, kapal Jepang berada di selat Malaka dan mendekati daerah operasi pencarian. Dan mereka akan siap di luar daerah operasi, ketika mereka dibutuhkan, akan diinstruksikan untuk masuk ke area pencarian,” jelasnya.

Namun, Soelistyo mengatakan, dengan meminta bantuan asing untuk mendetesksi keberadaan pesawat di bawah permukaan air, tidak berarti alat yang dimiliki timnya sudah tidak bisa difungsikan. Dia menjelaskan, kesulitan yang dihadapi sekarang ini adalah proses evakuasi yang terhalang masalah cuaca.

“Dengan kondisi seperti itu, kapal kita masih bisa bergerak, alat kita masih bisa bekerja. Yang sulit adalah saat evakuasi, menurunkan penyelam dengan kondisi seperti itukan susah,tapi bukan berarti kita berhenti untuk melakukan pencarian” tutupnya.

Baca Juga:  Oknum Polisi Diringkus Terlibat Jaringan Peredaran Narkoba

 

loading...