HARIANACEH.co.id — Kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ditetapkan sebagai Taman Peradaban Internasional dan Wahana Perdamaian Dunia oleh Komite Perdamaian Dunia, tepat di malam pergantian tahun baru 2015.

“TMII diberi pengakuan dan ditetapkan sebagai Taman Peradaban Internasional dan Wahana Perdamaian Dunia oleh Komite Perdamaian Dunia, karena TMII memiliki Plaza KTT Nonblok yang bersejarah,” ujar Direktur Operasional TMII Ade F Meyliala di Jakarta, Rabu (31/12/2014) malam.

Penyerahan sertifikat penetapan TMII sebagai Taman Peradaban Internasional dan Wahana Perdamaian Dunia dilakukan langsung oleh Presiden Komite Perdamaian Dunia Dr. Djuyoto Suntani, di sela perayaan malam pergantian tahun baru 2015, di TMII, Rabu malam.

Baca Juga:  Gara-Gara Idap Alergi Ini, Si Kembar Harus Pakai Baju 'Astronot'

Menurut Ade, pengakuan TMII oleh Komite Perdamaian Dunia, dilakukan setelah melalui berbagai tahap penilaian. Salah satunya lantaran TMII memiliki Plaza KTT Nonblok dimana perwakilan 200 negara tetangga pernah ikut menanam pohon di sana.

Ade berharap, melalui pengakuan tersebut, TMII akan semakin dikenal di dunia internasional, baik sebagai ruang budaya maupun representasi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kita tentu ingin lebih dikenal. Karena Komite Perdamaian Dunia beranggotakan 200 negara, maka pengakuan ini menjadi pintu bagi TMII dan Indonesia, di mata dunia,” kata dia.

Berdasarkan pantauan, jelang pergantian tahun baru 2015 situasi di TMII tetap kondusif. Pengunjung TMII yang menggunakan sepeda motor tampak terus berdatangan memadati kawasan TMII karena hujan yang terjadi pada sore hari kini sudah berhenti.

Baca Juga:  Artis Cantik Ira Wibowo Mengingatkan Kaum Perempuan Cegah Kanker Serviks

Aparat gabungan TNI-Polri dibantu oleh pramuka dan pihak keamanan internal TMII tampak bersiaga disetiap persimpangan di dalam kawasan TMII.

Walikota Jakarta Timur dijadwalkan akan menghadiri detik-detik pergantian tahun baru 2015 di TMII dini hari nanti.

 

loading...