NASIONAL

Evakuasi Jenazah Penumpang AirAsia Dibantu Jepang

HARIANACEH.co.id — Pemerintah Jepang telah mengirim tim untuk melakukan koordinasi guna membantu evakuasi korban pesawat hilang Air Asia QZ8501 di perairan Pangkalan Bun, Provinsi Kalimantan Tengah.

“Pemerintah Jepang tengah mengadakan koordinasi dengan Pemerintah Indonesia mengenai bantuan yang dapat dilakukan atas terjadinya musibah jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501,” demikian keterangan pers Kantor Kebudayaan dan Informasi Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia di Jakarta, Kamis, (2/1/2014).

Menurut keterangan tersebut, Pemerintah Jepang memutuskan untuk mengirim tim SAR Internasional yang terdiri dari dua kapal Pasukan Bela Diri Jepang yang sedang berlayar di perairan Asia Tenggara dan tiga unit helikopter.

Untuk koordinasi lebih lanjut dengan Pemerintah Indonesia, pihak Jepang mengutus lima orang yang terdiri dari wakil Kementerian Luar Negeri Jepang, Kementerian Pertahanan Jepang dan JICA yang berangkat pada Rabu (31/12/2014).

Kegiatan operasional dan masa tugas Tim SAR Internasional akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Indonesia berdasarkan hasil koordinasi dan kemajuan proses pencarian dan evakuasi di lapangan.

Pesawat Air Asia QZ8501 dinyatakan hilang sejak Minggu pagi (28/12/2014) di sekitar perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Tim SAR Indonesia telah menemukan sejumlah jenazah dan benda yang berasal dari Air Asia QZ8501 dengan kode registrasi PK-AXC di sekitar perairan tersebut pada Selasa (30/12/2014).

TERPOPULER

Keatas