HARIANACEH.co.id — Google mungkin hanya sedang keliru, tetapi bisa juga sedang berusaha bercanda denga pemimpin Korea Utara, Kim Jong un.

Betapa tidak, dalam mesin pencarinya Google memasang foto Jong un yang didandani seperti perempuan ketika Anda mencari Kim Yo-jong, adik perempuan pemimpin muda itu.

Jika Anda memasukkan nama “Kim Yo-jong di mesin pencari Google, maka akan keluar hasil pencarian profil salah satu perempuan paling berkuasa di Korut itu dengan nama dan usia yang tepat. Keterangan nama orang tua dan saudara-saudaranya juga tepat.

Yang salah hanya fotonya. Karena yang ditampilkan Google sebagai foto utama adalah foto Kim Jong un yang oleh orang-orang iseng sudah didandani mirip perempuan menggunakan program Photoshop.

Baca Juga:  Nggak Lama Lagi, Pengguna Bisa Masuk Windows PC via Ponsel

Foto hasil edit itu sendiri diperkirakan beradal dari Taringa!, sebuah situs media sosial Amerika Latin dan secara salah dideteksi oleh algoritma mesin pencari Google.

Kekeliruan itu pertama kali ditemukan oleh pengguna Twitter dan bisa diduga baik Google maupun Kim Jong un pun menjadi bulan-bulanan para pengguna media sosial.

Tetapi yang musti diingat Google adalah Kim Jong un bukan pemimpin yang punya selera humor bagus. November lalu pasukan siber Korut diduga meretas dan melumpuhkan jaringan komputer Sony Pictures karena studi film itu memproduksi film komedi “The Interview” yang berkisah tentang upaya pembunuhan Kim Jong un.

loading...