HARIANACEH.co.id — Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum secara terang-terangan mendukung I Gede Pasek Suardika maju menjadi calon Ketua Umum Partai Demokrat pada Kongres III Partai Demokrat bulan Februari 2015, asal prosesnya terbuka.

Anas mengaku semua kader Partai Demokrat layak menjadi ketua umum partai berlambang Mercy.

Hal itu diungkapkan oleh Anas dalam akun Twitter @anasurbaningrum, Kamis (1/1/2015).

“Apakah saya mendukung Pasek Suardika maju? Jawabannya iya. Saya mendorong Pasek untuk berkompetisi. Ada yang bertanya, Pasek agamanya Hindu apa cocok untuk Demokrat? Saya balik, memang kenapa kalau Hindu?,” ujar Anas.

Baca Juga:  'Otak' Walk-out UU Pilkada Adalah SBY, Tuding Anas Urbaningrum

Ia menambahkan ada banyak yang bertanya tentang Kongres Demokrat, termasuk tentang para kandidat yang muncul.

“Apakah Pak SBY layak? Kan Ketum incumbent dan mantan Presiden, ya jelas layak. Apakah Pak Marzuki Alie layak? Sekarang petinggi PD dan mantan Ketua DPR. Ya tentu saja layak. Bagaimana dengan Pak Mubarok? Secara historis, intelektual dan moralitas politik memenuhi syarat. Lalu Gede Pasek Suardika? Punya kemampuan, ketrampilan dan keberanian. Jelas layak. Isran Noor, jika maju juga punya kelayakan. Punya pengalaman di daerah, baik partai maupun eksekutif,” kata Anas.

Anas mengatakan bila proses kongres Partai Demokrat dilakukan secara terbuka dan fair, ia memprediksi, Pasek akan menang dan menjadi Ketua Umum Demokrat.

Baca Juga:  UU Pilkada Langsung Sudah Ditandatangani Presiden Jokowi

“Apakah Pasek akan bisa menang? Tergantung Kongresnya terbuka dan demokratis atau tidak. Kalau Kongres terbuka dan demokratis, semua kandidat punya peluang. Termasuk Pasek Suardika,” kata Anas.

loading...