HARIANACEH.co.id — Kejadian alam aneh banyak terjadi belakangan ini. Tapi mungkin tidak ada yang mampu menyamai apa yang akan terjadi pada Minggu (4/1/2015), jika informasi yang dirilis badan antariksa AS (NASA) ini benar.

Menurut astronom Inggris Patrick Moore, pada Minggu 4 Januari 2015, tepatnya pada pukul 09:47 pagi waktu Pacific Standard Time (PST) atau sekitar pukul 23.47 waktu Indonesia Barat, Pluto akan berada tepat segaris di belakang Jupiter. Dan kondisi ini akan mempengaruhi daya tarik (gravitasi) bumi.

Kejadian langka yang diperkirakan hanya akan berlangsung selama 5 menit ini, akan mengakibatkan gabungan gaya gravitasi dari kedua planet akan mengerahkan gaya tarik yang lebih kuat, sebaliknya akan ‘menangkal’ gaya gravitasi bumi.

Baca Juga:  Dua Profesor Ini Raih Nobel Bidang Ekonomi

Akibatnya membuat berat benda-benda di Bumi, termasuk berat badan orang, sejenak lebih ringan dibanding kondisi normalnya. Moore menyebut fenomena ini sebagai “Jovian-Plutonian Gravitational Effect”.

Moore mengatakan kepada para ilmuwan, bahwa mereka bisa mengalami fenomena dengan melompat di udara tepat pada saat fenomena keselarasan Pluto-Jupiter ini terjadi. Jika mereka melakukannya, ia berjanji, mereka akan mengalami sensasi mengambang aneh.
Ingin mencoba dan membuktikan ‘ramalan’ More ini? Maka jangan lupa mencatat waktunya.

 

loading...