,

Inilah Sang Bomber Persija dari Benua Afrika, Greg Nwokolo

HARIANACEH.co.id — Hari ini, 29 tahun yang lalu, Gregory Junior Nwokolo lahir di Enugu, Nigeria. Striker yang lebih akrab disapa Greg Nwokolo ini adalah pemain naturalisasi asal Nigeria yang kini memperkuat klub Persija Jakarta.

Anda tentu belum lupa pada sebuah laga yang mempertemukan anak-anak terbaik bangsa dengan David Beckham dan LA Galaxy-nya di Stadion Utama Gelora Bung Karno tahun 2011 silam. Di posisi striker, ada sosok yang cukup menarik perhatian.

Dia adalah Greg Nwokolo, pemain berkebangsaan Nigeria yang baru satu bulan dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia. Bersama Indonesia Selection, laga itu menjadi penampilan perdananya membela tim Merah Putih.

Tujuh tahun sebelum menjadi pemain naturalisasi, Nwokolo mengawali kariernya di Indonesia sebagai punggawa Persijatim Solo FC. Sebelumnya, juru gedor asal benua hitam itu sudah lebih dahulu merasakan atmosfer kompetisi Asia di sebuah klub Singapura, Tampines Rovers.

Baru setengah tahun bermain di Solo FC, Nwokolo kembali ke Singapura untuk membela klub Singapore Armed Forces FC. Namun, lagi-lagi Nwokolo pindah ke Indonesia pada tahun 2006.

Semenjak saat itu, Nwokolo pindah dari satu klub ke klub lainnya di Indonesia, termasuk satu klub asal Portugal, Olhanense. Beberapa klub tanah air yang pernah diperkuat striker bertinggi badan 175 sentimeter antara lain PSIS Semarang, PSMS Medan, Persis Solo, Persija Jakarta, Pelita Jaya, Arema Cronous, dan Persebaya Surabaya.

Sayang, bomber yang doyan tampil dengan gaya trendi itu sempat mengalami masa-masa tidak menyenangkan ketika membela Persebaya. Apalagi jika bukan gaji yang telat dibayarkan. Bergabung kembali dengan skuat Rahmad Darmawan sejak 5 Desember 2014, Nwokolo bisa dibilang ‘pulang kampung’. Sebab, ini adalah kali ketiganya pemain bertubuh kekar itu memperkuat Macan Kemayoran. Ia pernah memperkuat Persija pada musim kompetisi 2008/2009 dan 2010/2011. Bersama Aliyudin dan Bambang Pamungkas, Nwokolo pernah menjadi trio striker tersubur di Liga Indonesia.

 

loading...

Amerika Serikat Beri Sanksi Baru untuk Korut Karena Retas Sony

Madonna Dihujat, Samakan Dirinya dengan Bob Marley dan Aktivis Ham