HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Basarnas Terjunkan 20 Pesawat dan 27 Kapal Pada Hari ke 8 Pencarian

1

HARIANACEH.co.id — Memasuki hari ke delapan pencarian dan evakuasi pesawat Air Asia  QZ8501 yang jatuh di Selat Karimata, Badan SAR Nasional (Basarnas) telah menyiapkan kelengkapan untuk melakukan evakuasi.

Dikutip dari laman suara, Hari ini, Basarnas menyiapkan 20 pesawat dan 27 kapal untuk membantu pencarian korban, bagian utama pesawat, termasuk black box atau kotak hitam.

“Kita siapkan di udara 20 unit. X-Wing 6 unit yaitu Indonesia 4, Korea 1, dan Rusia 1,” kata Kepala Basarnas Marsdya Soelistiyo di kantor Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (4/1/2015).

Selain itu, dia mengungkapkan, ada 14 helikopter juga disiapkan di darat dan laut. Indonesia menyiapkan 14 helikopter, Singapura 2 helikopter, dan Amerika Serikat 2 helikopter. Sementara di daerah laut, ada 27 kapal yang bersiap melakukan evakuasi yang merupakan gabungan dari berbagai instansi.

“16 unit, termasuk 2 kapal tanker, dari luar negeri 11 unit yaitu Singapura 4 unit, Malaysia 3 unit, Amerika 2 unit, dan Jepang 2 unit,” pungkasnya.

 

loading...