HARIANACEH.co.id — Hari ini, 29 tahun yang lalu, James Philip Milner lahir di Wortley, Leeds, Inggris. James Milner adalah gelandang tim nasional Inggris yang kini bermain untuk Manchester City.

Sebelum merumput di Etihad Stadium, sosok Milner sudah akrab dengan fans Newcastle United dan Aston Villa. Empat tahun membela Newcastle, gelandang yang merintis karier profesionalnya bersama Leeds United ini pernah diasuh oleh empat pelatih berbeda.

Milner juga sudah jadi langganan masuk daftar pemain timnas sejak usianya belum genap 16 tahun. Gelandang yang bergabung dengan tim U-16, U-17, U-20, U-21, dan tim senior ini sudah jadi bagian tak terpisahkan dari skuat The Three Lions asuhan Roy Hodgson.

Baca Juga:  Manchester United Persingkat Peminjaman Nick Powell

Milner dikenal sebagai gelandang yang ulet. Tak hanya di tengah, ditempatkan di kiri atau kanan pun, Milner selalu bisa memberikan kontribusi penting bagi permainan tim. Posisinya memang membuat gelandang bertinggi badan 175 sentimeter ini tak terlalu banyak mencetak gol. Namun, soal menciptakan peluang bagi rekannya, Milner jagonya.

Ya, banyak yang menyebut Milner pandai membaca permainan. Milner piawai melakukan distribusi bola, juga penetrasi. Selain itu, tak sedikit pula yang menyebut Milner memiliki akurasi passing yang luar biasa juga kemampuan menembak dari jarak jauh. Tak heran, ia kerap didapuk untuk melakukan tendangan sudut dan tendangan bebas.

Milner resmi bergabung dengan The Citizens sejak bulan Agustus 2010. Milner membantu Manchester Biru menjuarai dua Liga Premier, yakni pada musim 2011/2012, dan 2012/2014, Piala FA, dan sederet gelar lainnya.

Baca Juga:  Guardiola Tetap Senang Meski Muenchen Menang Tipis atas Benfica

 

loading...