HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Penyelam Diturunkan Setelah Penemuan Objek Besar oleh Basarnas

1

HARIANACEH.co.id — Tim SAR menemukan objek besar yang diduga bangkai pesawat AirAsia. Badan SAR Nasional (Basarnas), hari ini menindaklajuti dengan melakukan penyelaman. Namun penyelaman harus dihentikan karena saat ini di dasar laut tidak ada jarak pandang bagi penyelam.

“Hari ini kita mendapatkan penemuan objek. Objek yang ke lima pada pukul 03.00 WIB, dimensi 9,8 x 1,1 x 0,4 meter. Lokasi masih berdekatan antara objek-objek kita temukan kemarin,” ujar Kepala Basarnas Bambang Soelistyo di Kantor Basarnas dilansir dari suara, Minggu (4/1/2015).

Ia juga menjelaskan, penyelaman yang dilakukan oleh dua tim penyelam namun harus dihentikan mengingat jarak pandang yang terbatas.

“Hasil penyelaman dari 2 tim pelopor dari daerah nomor 3  yang terbesar mereka berhasil turun 2 orang tetapi di dasar laut jarak pandang nol,” jelas Bambang.

Bambang memaparkan kondisi di dasar laut yang berupa lumpur menyulitkan penyelam untuk melakukan pencarian.

“Kemudian dasar laut wujudnya lumpur. Kecepatan arus 3-5 knot. Saat ini upaya penyelaman. Dengan kondisi seperti itu dihentikan sementara diupayakan menurunkan ROV oleh salah satu kapal,” ujarnya.

 

loading...