HARIANACEH.co.id — Sejumlah arkeolog di Mesir telah membongkar kuburan yang diyakini milik seorang ratu tak dikenal, demikian dijelaskan pihak berwenang Mesir seperti dikutip BBC, Minggu (4/1/2015).

Kuburan itu ditemukan di Abu-Sir, sebuah wilayah di sebelah tenggara Kairo, ibu kota Mesir. Makam itu diduga milik istri atau ibu Firaun Feferefre, yang memerintah sekitar 4.500 tahun silam.

Menteri Kepurbakalaan Mesir, Mamdouh el-Damay, mengatakan bahwa nama ratu itu adalah Khentakawess. Nama itu diketahui dari ukiran pada dinding di kompleks nekropolis, tempat makam itu ditemukan.

Dengan demikian, imbuh el-Damaty, di makam yang ditemukan di kompleks pemakaman Firaun Neferefre itu, dikuburkan Khentakawess III.

Baca Juga:  Di Hari Valentine Ini, Oppo Luncurkan Oppo R5

Miroslav Barta, peneliti dari Czech Intitute of Egyptology yang menemukan kuburan itu, mengatakan lokasi makam itu membuat mereka yakin bahwa ratu yang dimakamkan di situ adalah istri sang firaun sendiri.

Para arkeolog dari Republik Cek itu juga menemukan sekitar 30 peralatan yang terbuat dari tembaga dan kapur di dalam makam itu.

Sementara el-Damaty mengatakan penemuan itu akan membantu untuk “menjelaskan aspek-aspek yang belum diketahui dari Dinasti Kelima dan Dinasti Keempat Mesir, dinasti yang berkuasa saat piramida pertama dibangun.”

loading...