HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Benarkah Pikiran “Kotor” Bisa Tingkatkan Daya Ingat?

2

HARIANACEH.co.id – Selama ini, sudah ada banyak cara coba ditemukan oleh para ahli dan kemudian disarankan bagi orang-orang yang ingin meningkatkan kemampuan otak, khususnya daya ingat mereka. Ada yang diklaim cukup berhasil, ada juga yang tak begitu memberi dampak.

Kini, salah seorang pakar yang juga adalah penulis buku“Remember, Remember: Learn the Stuff You Thought You Never Could” yaitu Ed Cooke, mengaku punya cara yang lebih jitu. Apa saran Cooke? Caranya menurutnya adalah: pikirkanlah sesuatu yang “kotor”.

Dalam sebuah wawancaranya dengan Daily Mail, sebagaimana dikutip Huffington Post, Cooke mengaitkan keberadaan pemikiran unik dan mudah diingat –seperti misalnya sebuah fantasi seksual– dengan hal lain yang perlu dipikirkan seseorang, yang disebutnya bisa memudahkan orang itu mengingatnya.

Menurutnya, meski tidak harus benar-benar “kotor”, pikiran terkait hal-hal berbau seks biasanya lebih mudah diingat dan memberi gairah secara emosional. Dikatakan Cooke pula, segala sesuatu yang tak diperkirakan –seperti pemikiran yang kejam atau “jahat”– pun bisa berlaku seperti itu.

“Sebuah aturan penting tentang apa yang mudah diingat itu adalah ‘apa pun yang menarik perhatian Anda saat melenggang di jalanan juga akan menarik perhatian Anda ketika hendak mengingat sesuatu,'” tutur Cooke.

“Ketelanjangan, hal-hal yang tabu, orang-orang yang luar biasa menarik, hal-hal yang membuat kita terpukau; itu semua akan menarik perhatian Anda di dunia ini, dan memori (ingatan) yang memiliki elemen-elemen seperti itu (pun) akan bertahan lama,” sambungnya.

loading...