HARIANACEH.co.id — Banyak orang ingin menjadi tipe orang yang tidak ingin membuang iPhonenya ketika alarm berbunyi. Orang yang bisa melompat dari tempat tidur dengan semangat seperti sinar matahari pagi yang merayap di sekitar tirai.

Ternyata menurut ahli hal itu bisa dicapai jika kita menempuh car ayang benar ketika berangkat dan bangun tidur. Jika Anda termasuk kelompok ini, maka berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Pemilihan lampu kamar

Tubuh dirancang untuk tidur ketika gelap dan bangun ketika ada cahaya. Tapi, kebiasaan tidur sering jauh berbeda dengan kodrat ini. Kita menyirami tubuh dengan cahaya buatan baik dari  televisi, ponsel, dan gawai. Dan sering kita bangun sebelum matahari terbit untuk bergegas ke tempat kerja. Penelitian menunjukkan cahaya biru yang dipancarkan dari berbagai alat elektronik dapat mengganggu hormon tidur sehingga proses alami ini tidak berlangsung.
Penelitian juga menunjukkan bahwa bangun secara alami sangat bagus untuk tubuh. Tubuh akan lebih segar dan Anda pun akan lebih semangat memulai hari. Jadi mulai sekarang cobalah bangun secara alami dengan bantuan cahaya matahari sebagai alarm. Mulailah tidur dengan tirai terbuka. Atau Anda dapat ‘menggantikan’ matahari  dengan lampu khusus yang kini bisa didapatkan di pasaran. Pengujian menunjukkan bahwa mayoritas pengguna merasa seolah-olah mereka bangun lebih baik dan merasa lebih mudah untuk keluar dari tempat tidur.

Baca Juga:  Kenapa Sikat Gigi Biasa Tak Boleh Digunakan Pemakai Kawat Gigi?

Bangun secara perlahan

Seperti diketahui, ada lima tahapan tidur, dan tidak mengherankan tahap kelima adalah ketika tubuh kita ingin bangun secara otomatis. Bangun mendadak oleh bunyi alarm sama sekali mengabaikan apa yang diinginkan tubuh.  Suara memekakkan telinga yang ditimbulkan alarm, akan membangunkan kita terlalu tiba-tiba. Itu bisa mengejutkan bahkan kadang  membingungkan. Selain itu adrenalin juga melonjak. Bangun perlahan terasa jauh lebih alami untuk tubuh kita. Jam matahari terbit akan melakukan pekerjaan secara bertahap untuk Anda.

Ciptakan suasana

Suhu tubuh berfluktuasi sepanjang hari, dan itu diatur pada siklus 24-jam. Suhu puncak terjadi beberapa waktu di sore hari dan ada di titik terendah sekitar pukul 05:00. Suhu tubuh penting untuk mendapatkan istirahat malam yang baik dan bangun menyenangkan. Setelah semua, tidur nyenyak sangat penting untuk pagi segar. Kebanyakan ahli setuju pada suhu kamar antara 19-25 derajat Celcius. Kurang atau lebih dari itu tidur akan terganggu.

Baca Juga:  Ayo Belanja "Online" Label Fesyen Ternama di Dunia

Ventilasi juga memegang peran penting dalam tidur. Saat bernapas kita menghirup oksigen dan melepaskan karbon monoksida. Jika pastikan ada lubang ventilasi agar ada oksigen ke kamar. Saat tidur malam, tubuh menjalani siklus penyembuhan di mana ia bekerja untuk memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga pasokan oksigen yang cukup sangat penting untuk proses ini.

Bangun lebih awal

Banyak penelitian mengonfirmasi mereka yang bangun pagi umumnya lebih bahagia, lebih sehat dan lebih produktif. Orang yang mengidentifikasi diri sebagai ‘orang pagi’ juga lebih proaktif, optimisme, menyenangkan dan lebih peduli. Sebaliknya, mereka yang menganggap dirinya manusia malam, meski lebih kreatif dan cerdas, cenderung menunjukkan ciri-ciri seperti depresi, pesimisme dan neurosis.

Hindari kebisingan dan masalah perut

Perut yang gelisah tak bagus untuk tidur malam Anda. Jadi hindari kopi, anggur merah dan coklat sebelum tidur, karena secara ilmiah makanan itu terbukti mengganggu tidur. Makan makanan utama Anda sebelum malam datang, sehingga tubuh tidak menghabiskan berjam-jam berharga untuk mencerna makanan. Selain itu hindari kebisingan, karena penelitian menyebut suara bising bisa menganggu tidur.

loading...