HARIANACEH.co.id — Banyak orang bertanya apa hal penting yang harus mereka pelajari di usia 20-an, agar sukses merintis usaha di kemudian hari. Meski Anda dapat belajar untuk menghasilkan uang di bursa saham ataupun investasi di properti, pengetahuan ini tidak selalu dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini empat keterampilan usaha yang akan bermanfaat sepanjang hidup Anda. Menguasainya sejak awal akan menghindarkan Anda dari lebih banyak ‘sakit kepala’. Sesederhana yang mungkin terlihat, Anda akan terkejut bagaimana orang terus belajar menguasainya, bahkan ketika mereka telah mencoba bertahun-tahun.

1. Manajemen waktu

Orang sering mengabaikan ketrampilan untuk mengelola waktu. Padahal urusan yang satu ini berperan penting yang memungkinkan Anda untuk tetap produktif meski Anda didera berbagai masalah dan kesibukan. Menguasai seni –bisa melakukan lebih banyak dalam waktu yang ada– adalah salah satu cara untuk menjamin Anda tetap produktif dalam kondisi apapun. Konsep inti untuk belajar manajemen waktu di 20-an dimulai dengan kemampuan Anda untuk mengenali diri sendiri, diikuti dengan kemampuan Anda untuk mengetahui kapan dan bagaimana untuk mendelegasikan. Pada akhirnya, belajar untuk tidak pernah membuat alasan untuk tidak memiliki cukup waktu.

Baca Juga:  4 Hal Yang Bisa Hancurkan Bisnis Anda

2. Motivasi diri

Sebelum Anda sampai ke dunia nyata, Anda hanya memiliki guru-guru di sekolah dan perguruan tinggi untuk membuat Anda termotivasi sampai lulus. Sayangnya di kehidupan nyata, hanya ada dua bentuk motivasi: internal dan eksternal. Guru Anda sekarang digantikan oleh bos dan satu-satunya bentuk nyata dari motivasi adalah diri Anda sendiri. Inti motivasi diri adalah menjadi sadar bahwa kita dilahirkan sendiri, dan mati sendiri, dan karena itu kita sendirilah yang harus memutuskan baik-buruknya hidup kita dengan  bersedia melakukan sesuatu dan mendapatkan tujuan kita.

3. Kepemilikan Bisnis

Terlalu banyak orang menunggu sampai menit terakhir untuk belajar bagaimana untuk memulai, menjalankan, dan gagal dalam bisnis. Elon Musk baru-baru ini mengatakan, ia tidak pernah percaya Tesla akan berhasil, tapi apa pun cukup penting adalah pantas untuk dicoba bahkan jika ada kemungkinan untuk gagal. Anda masih bisa menumbuhkan rasa bisnis dengan mengambil upaya yang lebih kecil, dengan memahami dan mempelajari berbagai komponen yang membuat bisnis berjalan baik dibandingkan bisnis yang buruk. Semakin awal Anda memulainya makin kecil risiko Anda akan telah terkena banyak lagi masalah di usia 30an. Cobalah mulai dengan belajar dasar penjualan, bagaimana orang membuat keputusan pembelian, bagaimana pembukuan. Dan yang paling penting, merasakan ketidakamanan pemilik usaha kecil.

Baca Juga:  Kini di Taiwan Bisa Melakukan Pernikahan Sesama Jenis

4. Pasar Keuangan

Jika Anda tidak memahami bagaimana uang bekerja, Anda tidak akan bisa belajar untuk membuat. Di sini, kita tidak mengacu pada saham tapi pada  pemahaman penawaran dan permintaan, pasar keuangan domestik dan internasional, tetapi juga bagaimana pasar kredit bekerja.

Sebagian besar informasi ini gratis dan banyak tersedia secara online. Ini sederhana tetapi sangat penting untuk memahami bagaimana uang dibuat di seluruh dunia. Aspek yang paling penting tetap pemahaman penawaran dan permintaan, yang memungkinkan Anda untuk memahami bagaimana orang membuat keputusan membeli dan bagaimana nilai diletakkan atas barang dan jasa. Aspek yang rumit tentang keuangan ini dapat membantu Anda merintis dan menjalankan bisnis.

loading...