HARIANACEH.co.id — Sawo atau Sapodilla adalah salah satu buah tropis yang populer selain mangga, pisang, dan nangka. Buah yang sangat manis dan lezat ini ternyata juga mengandung gizi yang tinggi.

Buah berkulit cokelat keemasan ini merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh, tak hanya itu, sawo juga mengandung sejumlah antioksidan, vitamin A, C, E, tembaga, besi, dan lain-lain.

Lalu apa saja manfaat Sawo bagi kesehatan tubuh?

1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang tinggi pada sawo dapat membantu meningkatkan kemampuan mata. Sawo bisa menjadi pengganti sumber vitamin A, bagi Anda yang kurang suka mengonsumsi sayuran khususnya wortel.

Baca Juga:  Awas! Kepercayaan Diri Anak Akan Terbunuh Dengan 3 Sikap Ini

2. Memperlancar sistem pencernaan

Buah yang memiliki kandungan serat tinggi ini berperan sebagai obat pencahar alami bagi Anda yang memiliki masalah untuk buang air besar (BAB). Sebagai pencegahan, mengonsumsi sawo bisa membuat pencernaan Anda lebih lancar.

3. Mencegah kanker

Sawo memiliki antioksidan, serat, dan sederet nutrisi yang tinggi untuk mencegah kanker. Beberapa penelitian telah mengungkap khasiat sawo untuk mencegah penyakit kanker paru-paru dan rongga mulut.

4. Menjaga kesehatan tulang

Buah tropis ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan membuatnya kuat. Hal ini disebabkan kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi pada sawo yang cukup tinggi.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Baca Juga:  Luar Biasa, Ternyata Ini Manfaat Masturbasi Untuk Wanita

Sawo juga kaya akan vitamin C yang membuat tubuh secara otomatis menghancurkan radikal bebas yang masuk sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Mencegah dari penyakit ginjal
Sawo dapat mencegah tubuh terkena penyakit ginjal. Tak hanya itu, biji Sawo juga baik untuk kesehatan karena dapat membantu menghilangkan endapan batu pada ginjal atauun kandung kemih yang menghambat saat berkemih.

 

loading...