HARIANACEH.co.id — Penemuan baru-baru ini menunjukkan bahwa sel darah putih mampu mengatasi masalah kebotakan. Penemuan yang tidak disengaja ini dilakukan oleh Spanyol National Cancer Research Centre, Madrid.

Penemu yang seorang ahli kanker awalnya menguji obat anti-inflamasi pada tikus, namun ia mendapati bulu ekstra yang justru tumbuh lebat pada tikus.

Setelah dilakukan penyelidikan, tumbuhnya rambut-rambut halus ini disebabkan oleh makrofag yang berasal dari sel darah putih yang disebut monosit. Zat ini dihasilkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan membersihkan jaringan mati.

Menurut Dr Mirna Perez-Moreno, sang penemu, makrofag inilah yang bertanggung jawab menumbuhkan rambut. Dengan adanya penemuan ini, ia berharap bisa menjadi solusi mengatasi kebotakan yang selama ini membutuhkan transplantasi rambut berbiaya mahal.

Baca Juga:  Luar Biasa, Ternyata Ini Manfaat Ganja Bagi Kesehatan

“Studi kami menegaskan pentingnya makrofag sebagai modulator dalam proses regenerasi kulit, melampaui fungsi utama mereka sebagai sel kekebalan tubuh,” kata Mirna.

Selain mengatasi masalah kebotakan yang dialami sebagian orang, Mirna yakin temuannya itu juga bisa berperan untuk regenerasi jaringan, mengatasi penuaan dan penyakit kanker.

loading...