HARIANACEH.co.id — Serikat pekerja pilot American Airlines menerima kesepakatan yang akan membuat gaji mereka naik 23 persen. Setelah itu, gaji akan naik setiap tahun. Kesepakatan dengan durasi lima tahun itu diterima oleh Alied Pilots Association dan harus disetujui oleh semua anggota sebelum langsung diterapkan.

Manajemen American Airlines berharap kesepakatan dengan pilot bisa cepat selesai sehingga masing-masing serikat pekerja di perusahaan itu mempunyai skala pembayaran dan aturan kerja sehingga bisa meningkatkan efisiensi.

American Airlines masih terbuka dalam menawarkan kontrak terakhir, termasuk tambahan 4 persen dalam setiap kali kenaikan gaji. Konflik antara serikat pekerja pilot dengan perusahaan sempat dibawa ke arbitrase. Setelah bertemua selama dua hari dengan manajemen, akhirnya muncul tawaran itu.

Baca Juga:  Singa Laut Ini Banting Nelayan Karena Mengamuk

“Tujuan utama kami adalah menyelesaikan negosiasi dengan cepat dan memberikan hasil yang terbaik untuk pilot,” kata salah satu anggota pilot.

Manajemen mengaku senang tawaran yang mereka berikan akan diputuskan melalui voting oleh para pilot dalam menentukan kontribusi mereka terhadap perusahaan.

“Secara keseluruhan, pilot Amerika tidak melakukan pekerjaan yang terlalu buruk. Proposal baru dari manajemen itu memberikan keuntungan bagi pilot meski tidak terlalu tinggi tetapi bisa menyelesaikan masalah,” kata Kit Darby dari Perusahaan Konsultan Penerbangan Kit Darby Aviation.

loading...