HARIANACEH.co.id — Chevrolet mengumumkan sedang mengembangkan sebuah sistem yang bisa memantau kesehatan mobil Anda, meramalkan masalah yang akan menimpa bagian-bagian mobil Anda, dan memperingatkan Anda sebelum mobil mengalami masalah.

Teknologi yang akan dipamerkan Chevrolet di arena Consumer Electronics Show di Las Vegas, Amerika Serikat pekan ini bisa memantau aki mobil, motor starter, dan pompa bahan bakar menggunakan beberapa sensor khusus.

Sensor-sensor itu akan mengirim data ke server Chevrolet dan data-data itu akan dianalisis oleh kode algoritma khusus, untuk mengatahui apakah komponen-komponen itu dalam kondisi bagus. Jika sistem itu menemukan masalah yang bisa memengaruhi kinerja mobil, maka pemilik mobil akan mendapat pemberitahuan via email, pesan pendek, atau aplikasi yang di-install pada telepon seluler pintar.

Baca Juga:  Kian Bergaya Meski Minim Perubahan, BMW F30 2013

Teknologi itu dikembangkan Chevrolet dalam kerja sama dengan OnStar, perusahaan penyedia layanan komunikasi dan keamanan kendaraan yang, seperti Chevrolet, juga menginduk ke General Motors.

“Menggunakan inovasi konektivitas OnStar 4G LTE, kami bisa secara aktif memantau kesehatan komponen mobil dan memperingatkan pelanggan kami jika komponen mobilnya perlu perawatan,” kata Alicia Boler-Davis, salah satu wakil presiden General Motors.

“Tak satupun dalam industri ini yang bisa menawarkan layanan sejenis,” klaim dia.

Fitur baru Chevrolet ini memanfaatkan teknologi komputasi awan, karena sensor-sensor pada mobil akan secara aktif berkomunikasi dengan server-server OnStar.

Teknologi ini akan dipasang pada sejumlah mobil Chevrolet seperti Equinox, Tahoe, Suburban, Corvette, dan Silverado.

Baca Juga:  IIMS Akan Pajang Mobil Batman dan Fast and Furious
loading...