HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Tinggalkan Si Kulit Bundar demi Layar Lebar Dialah Vinnie Jones

2

HARIANACEH.co.id — Hari ini, 50 tahun yang lalu, Vincent Peter Jones lahir di Watford, Hertfordshire, Inggris. Lelaki yang lebih akrab dikenal dengan nama Vinnie Jones ini adalah mantan pemain sepak bola yang banting setir menjadi aktor layar lebar.

Jones mengawali kariernya di lapangan hijau pada tahun 1984 bersama klub di Liga Premier Aliance, Wealdstone. Selain bermain bola, untuk menafkahi hidupnya, Jones kerja sampingan sebagai kenek tukang bangunan. Sempat semusim bermain untuk klub Swedia, IFK Holmsund, Jones hijrah ke Wimbledon. Gol pertamanya bagi Wimbledon adalah ke gawang Manchester United, raksasa Inggris yang saat itu terpuruk ke Divisi Utama. Bersama Wimbledon pula Jones mempecundangi Liverpool untuk meraih trofi Piala FA.

Musim panas 1989, Jones pindah ke Leeds United. Jones mendapat tempat di hati pada fans setelah sukses membantu Leeds memenangi Divisi Dua dan dipromosikan ke Divisi Satu. Kebersamaan Jones bersama Leeds berakhir setelah tim utama diganti pemain-pemain muda macam David Batty dan Garry McAllister.

Baca Juga

Jones kemudian bermain untuk Shefield lalu ke Chelsea. Hanya setahun berlaga di Stamford Bridge, Jones pulang ke Wimbledon, bertepatan dengan dibentuknya Liga Premier Inggris. Musim 1993/1994, Jones membantu Wimbledon finis di urutan keenam klasemen, prestasi terbaik Wimbledon sepanjang sejarah klub. Gelandang yang tercatat sebagai pemain timnas Wales ini menyudahi karier di dunia sepak bola bersama Queens Park Rangers pada tahun 1999.

Di lapangan, Jones terkenal sebagai pemain yang ‘kotor’. Permainannya yang keras kerap membuatnya menuai kritikan. Tak tanggung-tanggung, sepanjang kariernya, Jones 12 kali dikeluarkan dari lapangan. Ia pulalah, pemain yang memegang rekor tercepat menerima kartu kuning. Saat membela Chelsea melawan Sheffield United, Jones dapat kartu kuning setelah melanggar Dane Whitehouse tiga detik setelah laga dimulai. Legenda Inggris Paul ‘Gaza’ Gascoigne pernah pula jadi korban Jones. Di suatu laga, Jones pernah memegang testis Paul dengan tujuan menakuti pemain Newcastle United itu.

Debutnya di layar lebar adalah lewat film besutan sutradara Guy Ritchie, Lock, Stock and Two Smoking Barrels. Wajah Jones mulai dikenal di Amerika Serikat setelah bermain satu layar dengan Nicholas Cage dan Angelina Jolie di Gone in 60 Seconds. Jones juga pernah terlibat pembuatan film X-Men: The Last Stand memerankan Cain Marko alias Juggernaut. Belum lama ini, Jones mengisi suara Freddie The Dog dalam film animasi Madgascar 3: Europe’s Most Wanted, dan jadi lawan main Sylvester Stallone dan Arnold Schwarzenegger di film actionEscape Plan.

loading...