NASIONAL

Yuk Kita Intip Latihan Keras Para Penyelam Basarnas Special Group

HARIANACEH.co.id — Menyusul insiden jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501, nama Basarnas Special Group (BSG) mulai mengemuka. Siapa sebenarnya mereka ini?

BSG adalah tim khusus yang ditugasi untuk bereaksi cepat atas bencana atau musibah yang terjadi di tanah air. Anggota BSG dibekali keterampilan yang berbeda dengan anggota Basarnas lainnya. Setiap personel dilatih melakukan penyelamatan, baik di darat, laut, maupun udara.

Dalam operasi evakuasi jenazah AirAsia QZ8501, BSG ditugasi melakukan penyelaman untuk mencari korban yang kemungkinan masih berada di bawah air. Selain menggunakan peralatan selam, BSG juga memakai alat tambahan berupa Remotely Operated Vehicle (ROV), kendaraan selam yang dikendalikan dari jarak jauh. BSG juga berkolaborasi dengan penyelam Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut (AL).

Saat ini, tim khusus Basarnas ini hanya berjumlah sekitar 60 orang. Namun, ke depannya, rencananya tim ini akan dibentuk menjadi 1 batalion yang jumlahnya mencapai 600 orang dan akan disebar ke berbagai daerah.

Seperti apa latihan yang dilakukan para anggota BSG ini? Video yang dirilis oleh akun Balai Diklat Basarnas di atas akan memberikan gambaran singkat soal tim tersebut.

 

TERPOPULER

Keatas