HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Di CES 2015, BMW Akan Pamer Teknologi Lampu Laser Cerdas

1

HARIANACEH.co.id – Produsen mobil mewah asal Jerman, BMW, akan menampilkan dua teknologi sistem lampu mobil terbaru nan cerdas di arena Consumer Electronics Show yang sedang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat pekan ini.

Lampu laser cerdas dipasang pada lampu depan mobil konsep terbaru BMW di CES 2015. Lampu laser jauh lebih hemat energi ketimbang lampu LED yang kini mulai jamak digunakan produsen mobil dunia.

Laser yang digunakan BMW sendiri sudah disaring sehingga tidak membahayakan mata manusia. Soal kehematan, lampu laser bisa menghasilkan cahaya 170 lumens per waat, bandingkan dengan LED yang hanya 100 lumens per watt. Daya jangkau lampu laser juga lebih jauh, mencapai dua kali lipat jarak yang bisa diterangi oleh lampu LED.

Lampu laser sendiri sebenarnya sudah dipasang BMW di mobil listrik i8, tetapi di beberapa negara termasuk Amerika Serikat lampu itu tidak tersedia karena belum diizinkan oleh regulator lalu lintas AS.

Lalu agar lebih cerdas, lampu laser itu disambungkan dengan sensor yang akan mengumpulkan data, menganalisis, dan kemudian pada akhirnya akan mengatur kekuatan lampu sesuai dengan medan yang dilalui mobil.

Artinya, ketika mobil melewati jalanan perkotaan yang terang maka lampu laser itu tidak akan bersinar terlalu terang dan jauh, serta tidak menganggu pengemudi mobil lain yang datang dari arah berlawanan.

Sementara untuk lampu belakang, BMW menggunakan lampu organic light emitting diode (OLEDs), yang sudah banyak digunakan pada layar televisi modern. Lampu jenis ini juga hemat energi dan bisa memancarkan cahaya dalam berupa warna.

loading...