HARIANACEH.co.id —¬†Saat kembung, perut terasa tidak nyaman dan kadang disertai dengan buang angin terus menerus. Penyebabnya bisa ditimbulkan melalui beberapa faktor, antara lain mengonsumsi makanan pedas berlebihan, asupan garam berlebihan, minuman bersoda dan gigi yang terus menerus mengunyah.

Ada juga beberapa jenis makanan yang menyebabkan kembung pada beberapa orang seperti produk olahan susu, kacang-kacangan, pemanis buatan, biji-bijian, kubis, kecambah dan brokoli.

Meskipun ada makanan yang bisa menyebabkan kembung, tapi ada pula beberapa makanan yang dapat membantu menghindari kembung.

Apa saja? Berikut beberapa di antaranya:

1. Seledri

Seledri dikenal mengontrol gas di usus. Kandungan zat kimia dalam sayuran ini dapat mengurangi retensi cairan. Tak hanya itu, seledri juga memiliki sifat detoksifikasi yang membantu menghalau racun dari tubuh.

Baca Juga:  Lupita Nyong'O Membagikan Kiat Merias Wajah

2. Mint

Daun Mint sangat ramah di perut. Wajar jika mint memiliki banyak kegunaan. Banyak obat untuk masalah perut berbahan dasar daun mint ini.

3. Mentimun

Yang perlu diketahui dari mentimun adalah kandungan antioksidan flavonoid yang bisa membantu mengontrol kembung.

4. Asparagus

Sayuran ini merupakan superfood yang antikembung. Asparagus diketahui dapat membantu membuang kelebihan air melalui urine sehingga menghilangkan ketidaknyamanan seperti kembung.

5. Adas

Adas memiliki manfaat dalam mengurani kejang gastrointestinal, yang memungkinkan gas lepas dan bisa mengendalikan kembung.

6. Pisang

Buah hijau kekuningan ini merupakan sumber utama kalium. Pisang dapat mencegah retensi air dengan mengatur kadar natrium dalam tubuh. Sebagai sumber serat yang tinggi, pisang juga membantu memperlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Baca Juga:  Dokter Spesialis Kanker Anak di Indonesia Masih Kurang

 

 

loading...