HARIANACEH.co.id —¬†Produsen mobil terbesar di dunia, Toyota, mengumumkan pada Senin (5/1/2015) akan melepas hampir 6000 hak patennya dalam teknologi mobil berbahan bakar sel hidrogen. Langkah itu diambil Toyota untuk mendorong pengembangan mobil berbahan bakar alternatif.

Dalam pengumuman yang disampaikan di arena Consumer Electronics Show 2015 di Las Vegas, Amerika Serikat itu, Toyota mengatakan akan mengizinkan “produsen mobil yang akan memproduksi dan menjual kendaraan berbahan bakar sel, demikian juga produsen komponen dan perusahaan energi yang ingin mendirikan dan mengelola stasiun pengisian bahan bakar” untuk secara bebas menggunakan 5.680 hak paten terkait teknologi bahan bakar sel hidrogen milik Toyota.

Baca Juga:  BMW i8 Boyong Polisi Dubai Sebagai Senjata Baru

Di kesempatan yang sama Toyota memamerkan Mirai, mobil komersial pertama di dunia yang menggunakan mesin berbahan bakar sel hidrogen.

“Ketiga gagasan baik dibagikan, banyak hal-hal besar akan terjadi,” kata Bob Carter, wakil presiden senior Toyota dalam pernyataanya.

Langkah Toyota itu mengikuti jejak produsen mobil listrik Amerika Serikat, Tesla, yang pada 2014 juga menggratiskan hak-hak paten mobil listriknya.

Adapun Mirai sudah mulai dijual di Jepang pada Desember 2014 kemarin dan akan mulai dijual di Eropa dan AS pada akhir 2015.

Dengan menggratiskan hak patennya Toyota berharap semakin banyak pihak yang tertarik mengembangkan mobil berbahan bakar sel dan terutama banyak pemerintah serta perusahaan yang membangun stasiun pengisian hidrogen, untuk mendukung penjualan mobil ramah lingkungan itu di seluruh dunia.

Baca Juga:  Di Tiongkok, Lamborghini Aventador Punya KW10

Adapun Mirai hanya menggunakan hidrogen, unsur yang bisa dengan mudah ditemukan di dunia, sebagai bahan bakar. Dengan hidrogen, Mirai hanya mengeluarkan uap air sebagai hasi pembakaran sehingga sangat ramah lingkungan.

loading...