HARIANACEH.co.id — Hari ini, 26 tahun yang lalu, Andrew Thomas Carroll lahir di Gateshead, Inggris. Andy Carroll, demikian dia dikenal, adalah striker West Ham United yang juga bermain untuk timnas Inggris.

Jago sundul, begitu dirinya banyak disebut para pengamat lapangan hijau. Ketika bermain untuk Newcastle United, klub profesional pertama yang dibelanya, kemampuan Carroll kerap disandingkan dengan para striker legendaris klub macam Alan Shearer, Christian Vieri, dan Didier Drogba. Carroll juga terkenal akan kekuatan fisik dan tendangannya yang kencang.

Lima tahun bermain di Newcastle United, Carroll mencetak 31 gol dari 80 laga yang ia lakoni. Carroll membantu Newcastle menjuarai Football League Championship musim 2009/2010. Tahun 2011, Carroll hijrah ke Liverpool, menggantikan striker subur The Reds, Fernando Torres, yang pindah ke Chelsea.

Baca Juga:  Juventus Bungkam AS Roma Setelah Raih Bonus Dua Penalti

Mengenakan jersey bernomor punggung 9 yang sebelumnya dipakai sang El Nino, Carroll bertahan dua tahun di Anfield. Dari 44 laga yang dimainkannya, Carroll menyarangkan enam gol. Carroll membawa Liverpool merebut trofi Football League Cup musim 2011/2012.

Pada 30 Agustus 2012, Carroll resmi dipinjamkan ke West Ham United. Setahun di West Ham, penampilan Carroll tak mengecewakan. Dari 24 penampilannya, Carroll berhasil mencetak tujuh gol. Kepincut pada performa Carroll, manajemen The Hammers pun mempermanenkan kontraknya selama enam tahun.

Di luar lapangan, Carroll dikenal sebagai sosok yang ‘ringan tangan’. Dirinya kerap harus berurusan dengan polisi lantaran terlibat insiden penganiayaan. Tak cuma itu. Carroll juga pernah punya masalah ketergantungan alkohol ketika masih membela Newcastle. Namun, menurut pengakuannya, kebiasaan itu sudah ia hilangkan sejak bergabung dengan Liverpool.

Baca Juga:  Bukan Lagi "The Special One", Tapi "The Ordinary One"

Baru-baru ini, Carroll dikabarkan sedang benar-benar bahagia. Selain menempati rumah baru bersama tunangannya, Billi Mucklow. Kebahagiaan striker yang identik dengan rambut gondrongnya itu kian lengkap lantaran sang kekasih, saat ini sedang mengandung calon buah hati mereka.

loading...