HARIANACEH.co.id — Sebuah kota di India mendapat seorang wali kota baru. Uniknya, sang wali kota adalah seorang transgender.

Madhu Kinnar, 35, memenangi pemilihan wali kota Raigarh, sebuah kota yang berada di negara bagian kaya mineral tambang Chhattisgarh, hari Minggu (4/1/2015). Madhu berhasil menyisihkan lawannya dari Partai Bharatiya Janata dengan lebih dari 4.500 suara.

Dalam tayangan televisi lokal tampak Madhu yang berpakaian sari -pakaian tradisional India- menyambut para pendukungnya. Madhu, yang dikabarkan berasal dari kasta Dalit, komunitas kasta rendah di India. Waria itu biasa mencari nafkah dengan menyanyi dan menari di atas kereta api.

Baca Juga:  Pelaku Human Trafficking Muslim Rohingya Divonis 35 Tahun Kurungan

“Orang-orang menunjukkan kepercayaannya kepada saya. Saya anggap ini sebagai kemenangan cinta dan berkat dari orang-orang untuk saya. Saya akan memberikan upaya yang terbaik untuk memenuhi impian mereka,” kata Madhu.

“Dukungan masyarakat yang memberanikan saya untuk ikut pemilihan untuk pertama kalinya dan hanya karena dukungan mereka saja, saya tampil sebagai pemenang,” lanjutnya.

Menurut aktivis hak asasi manusia, ada ratusan ribu transgender di India yang mengalami diskriminasi. Namun, kaum transgender mendapat secercah harapan setelah bulan April lalu Mahkamah Agung India mengakui transgender sebagai jenis kelamin ketiga di India setelah lelaki dan perempuan.

 

loading...