HARIANACEH.co.id — Presiden Olympic Council of Asia (OCA), Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah, mengharapkan kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018 mendatang di Jakarta. Hal itu disampaikannya pada Selasa (6/1/2015).

“Indonesia telah menyelenggarakan sejumlah pertandingan multiolahraga seperti Asian Games 1962, SEA Games, dan Asian Beach Games… Kenangan indah itu tidak akan terjadi tanpa dukungan dari pemimpin dan warga negara,” kata Sheikh Ahmad, dalam sambutan acara makan malam di Jakarta, Selasa malam.

Jamuan makan malam Presiden OCA itu sendiri juga dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nachrowi. Selain Menpora, turut hadir Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noordin, serta sejumlah pengurus cabang-cabang olahraga.

Baca Juga:  Buntut Kemarahan Fans, Mauro Icardi Siap Revisi Buku Autobiografinya

Lebih jauh, Sheikh Ahmad mengaku percaya Indonesia dapat menyelenggarakan Asian Games 2018 dengan aman dan lancar.

“Saya harap ada infrastruktur pendukung seperti jalan tol dan transportasi massal. Saya harap anak muda dapat menikmati pertandingan itu,” kata Presiden OCA tersebut.

Sementara, Menpora Imam Nachrowi mengatakan bahwa Indonesia siap menyelenggarakan perhelatan olahraga terbesar se-Asia itu, setelah pernah menyelenggarakan Asian Games pada 1962.

“Kegiatan itu kami harapkan bukan sekadar adu keterampilan, tapi juga pertukaran wawasan antara bangsa Asia,” kata Imam.

Penyelenggaraan Asian Games 2018 sendiri, lanjut Imam, membutuhkan kerja sama dari pihak eksternal seperti OCA, dan pihak internal seperti kementerian-kementerian dan lembaga terkait. Termasuk yang harus bekerja sama di Indonesia adalah pemerintah daerah, KOI, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Prima, serta sejumlah pengurus cabang-cabang olahraga.

Baca Juga:  Soal Gaji Casillas, Mourinho Cibir Porto

“Kami mohon kepada Presiden OCA agar diberikan dukungan dan bimbingan penuh, agar kami dapat menyelenggarakan pertandingan itu sesuai standar OCA, dan lebih baik dibanding penyelenggaraan Asian Games sebelumnya,” kata Menpora.

Kedatangan Presiden OCA ke Jakarta kali ini turut didampingi Sekretaris Jenderal OCA, Raja Randhir Singh asal India. Sebelumnya, Direktur Umum OCA Husein Al-Musallam, juga telah mengunjungi Jakarta pada 19-23 Desember 2014 lalu, guna memastikan kesiapan awal Indonesia, salah satunya mengenai anggaran.

loading...