HARIANACEH.co.id — Perusahaan startup Gogoro yang memproduksi skuter pintar Gogoro Smartscooter, dikepalai oleh para inovator yang sebelumnya bekerja di perusahaan perangkat telekomunikasi HTC.

Mantan Chief Innovation Officer HTC yang kini menjadi CEO Gogoro, Horace Luke, serta mantan Chief Technogist Officer HTC, Matt Taylor yang kini menjadi Gogoro Chief Technology, membuat sebuah produk skuter yang ditenagai oleh baterai, dengan bentuk yang unik serta bisa diganti dan dimonitor lewat smartphone. Motor ini dibuat dari potongan alumunium, dengan desain unik menggunakan komponen khas dan dilengkapi 30 sensor.

Seperti ditulis Engadget, produksi ini nantinya akan menjadi “katalis” dari ambisi Gogoro untuk membangun Gogoro Energy Network, yang berguna sebagai stasiun pengisian dan penggantian baterai untuk konsumen langganan berbayar.

Baca Juga:  Matikan Mesin Motor via SMS Bisa Gak Ya!

Meski pasar skuter sendiri masih menjadi pasar niche, namun perkembangan ke depannya diprediksi masih besar. Pasar global kendaraan listrik hingga 2023 sendiri diprediksi akan mencapai angka 6,4 juta unit, apalagi karena beberapa produsen mobil sudah mulai mengembangkan kendaraan hemat bahan bakar.

Untuk produknya ini, pihak Gogoro sendiri berharap bisa menarik pasar anak muda, terutama di negara dan kota berkembang yang memiliki populasi lebih dari 10 juta.

“Jika Anda bisa membuat anak 18 tahun beralih ke kendaraan listrik, hal tersebut akan mengubah dunia,” kata Luke.

Sebagaimana promonya, skuter ini bisa diawasi lewat aplikasi ponsel pintar. Tidak hanya itu, aplikasi tersebut juga bisa mengganti tampilan dan warna dari dashboard motor, memeriksa kondisi kendaraan, serta memeriksa lokasi motor. Aplikasi akan memberikan notifikasi bila terjadi sesuatu pada motor saat pemiliknya tidak ada.

Baca Juga:  Dalam Kondisi Ringsek, Mobil Ini Berjalan Sejauh 67 Km

Harga skuter pintar ini sendiri masih belum dirilis oleh pihak Gogoro. Sedangkan keberadaannya diyakini akan mulai hadir tahun ini. Motor ini resmi melakukan debutnya di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2015 di Nevada.

loading...