,

Titik Terendah Selama 5 Tahun Terakhir Dicapai Harga Minyak Dunia

HARIANACEH.co.id — Harga minyak dunia jatuh ke tingkat terendah baru dalam 5,5 tahun pada Rabu (7/1/2015).

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari, merosot 2,11 dolar AS menjadi ditutup pada 47,93 dolar AS per barel, posisi terendah yang terakhir disaksikan pada akhir April 2009.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Februari turun 2,01 dolar AS menjadi menetap di 51,10 dolar AS per barel, tingkat terendah sejak awal Mei 2009.

Harga minyak dunia yang terjun bebas ini setelah Arab Saudi menyalahkan pertumbuhan ekonomi global yang lemah dan berkeras akan mempertahankan sikap kebijakan produksinya.

“Pasar masih khawatir tidak ada tanda-tanda bahwa membanjirnya pasokan akan mulai turun,” analis Nordea Markets, Thina Margrethe Saltvedt mengatakan kepada AFP.

James Williams dari WTRG mengatakan pelemahan di pasar bisa membawa harga hingga di bawah 40 dolar AS per barel.

“Pada dasarnya, ada keberlanjutan kekhawatiran tentang OPEC tidak mengurangi produksinya, terutama Arab Saudi, dan produksi Amerika Serikat terus meningkat,” kata dia.

Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Salman, dalam pidato atas nama Raja Abdullah yang sedang sakit pada Selasa mengatakan, pertumbuhan yang lemah yang harus disalahkan untuk jatuhnya harga, yang telah mengiris pendapatan pengekspor terbesar di dunia itu.

“Perkembangan ini bukanlah hal yang baru di pasar minyak, dan kerajaan itu di masa lalu menghadapinya dengan tegas dan bijaksana,” katanya sembari menambahkan kalau Arab Saudi akan mempertahankan “pendekatan yang sama” terhadap pasar.

loading...

Iggy Azalea Dilibatkan Shakira di Album Ke-11

Negara-negara dengan Koneksi Internet Tercepat di Dunia