HARIANACEH.co.id — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan akibat petir dan meningkatnya hujan deras telah menimbulkan korban jiwa. Tiga orang tewas dan lima orang luka-luka di Tasikmalaya, Bojonegoro, dan Sampang, Madura karena sambaran petir dalam satu hari.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, korban akibat tersambar petir terjadi di perairan Tanjung Bumi Bangkalan, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang Jawa Timur. Dua orang menderita luka bakar akibat disambar petir pada Sabtu lalu, pukul 07.00 WIB.

Di Bojonegoro sekitar pukul 12.00 WIB seorang petani, Mustakin, yang sedang jalan kaki pulang dari sawahnya sambil membawa cangkul pada saat hujan gerimis kesambar petir. Korban jatuh tertelungkup di pematang sawah di Dusun Tikung RT 05/RW 02 Desa Senganten, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur dan tewas di tempat kejadian.

Baca Juga:  ROV dan Penyelam Akan Dikerahkan Tim Evakuasi AirAsia Hari Ini

Di Indihiang, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat lima orang petani yang sedang berteduh di gubug sawah saat hujan deras disambar petir pada pukul 16.00 WIB. Dua orang di antaranya, Dani Ahmad dan Yudit Herdiansyah, tewas seketika. Sedangkan tiga orang lainnya Wawan, Andi, dan Aceng mengalami luka bakar serius.

BPBD bersama kepolisian dan aparat telah melakukan penanganan. “Korban tewas telah dimakamkan dan korban sakit dirawat di puskesmas dan rumah sakit,” kata Sutopo dalam siaran pers yang diterima Tempo.

Sutopo meminta masyarakat untuk waspada. Saat mendung atau mulai hujan, warga tidak berada di tempat terbuka, seperti di sawah, lapangan, pantai, atau tempat-tempat terbuka lainnya yang tidak memiliki penangkal petir. Juga tidak membawa barang-barang logam di saat cuaca seperti itu

Baca Juga:  Ini Usulan Wakil Ketua Komisi I Soal Konflik Intoleransi

Petir adalah gejala elektrostatik yang terjadi akibat perpindahan elektron muatan negatif yang berada di bagian bawah awan menarik muatan listrik positif di atas tanah. Muatan listrik yang berbeda akan saling tarik menarik, sedangkan yang sejenis akan tolak menolak. Itulah mengapa pada bangunan tinggi atau rumah perlu dipasang penangkal petir untuk mencegah kerusakan akibat petir.

loading...