ACEH

Ini yang Harus Dipertimbangkan Jokowi Jika Mau Angkat Budi Gunawan

HARIANACEH.co.id — Presiden Joko Widodo diminta mempertimbangakan tiga hal jika ingin menentukan sikap. “Presiden Jokowi harus mempertimbangkan aspek hukum, politik,dan publik,” kata Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun, di kawasan Jalan Cikini Raya, Jakarta, Minggu (1/2/2015).

Refly menilai tidak hanya KPK yang harus diselamatkan, tapi juga Polri. Karena kedua lembaga tersebut sedang dihadapkan kepada konflik. Kisruh itu tidak boleh berujung kepada pelemahan lembaga hukum manapun. “Proses hukum yang mengenai oknum KPK atau Polri harus tetap berjalan  dengan profesional. Kalo etik bentuk dewan etik, pidana jalankan proses dengan tranparan. Berlaku untuk KPK dan kepolisian,” ujarnya.

Namun Refly berpendapat, Presiden Jokowi sebaiknya tidak mengangkat Budi Gunawan menjadi Kapolri. Hal itu perlu dipertimbangkan mengingat tingginya dukungan masyarakat terhadap KPK. “Bila Presiden Jokowi mengangkat orang yang menjadi tersangka untuk jadi pejabat publik, apalagi Kapolri. Publik akan menilai buruk,” katanya.

Menurutnya jika pejabat publik yang jadi tersangka dipaksa diangkat, akan berdampak buruk pada kinerja lembaga hukum tersebut. Refly pun mengaskan, bahwa yang harus diselamatkan institusinya. KPK atau Kapolri tidak boleh jadi korban kepentingan segelintir orang.

TERPOPULER

Keatas