HARIANACEH.co.id¬†—¬†Teknologi robotika memang tengah berkembang pesat akhir-akhir ini. Selain membantu manusia dalam berbagai bidang seperti pelayanan, militer, dan investigasi, robot juga dapat membantu manusia dalam bidang medis. Baru-baru ini, salah satu rumah sakit di Inggris berhasil melakukan operasi bedah dengan menggunakan robot untuk pertama kalinya.

Robot operasi bernama Da vinci XI tersebut memang bukan robot otomatis, namun lebih mirip seperti robot dengan remote control yang dikendalikan langsung oleh para dokter ketika menjalankan sebuah operasi. Kelebihan Da vinci XI adalah tingkat akurasi gerakan yang sangat presisi, sehingga kesalahan pada operasi dapat diminamalisir secara maksimal.

Baca Juga:  Penuhi Kebutuhan Korporat, Kingston Luncurkan SSD

Proses operasi yang dilakukan di rumah sakit Royal Marsden Hospital tersebut berjalan dengan sangat lancar. Dengan demikian, penggunaan robot untuk keperluan medis dapat terbukti aman dan dapat diterapkan. Proses operasi ini juga merupakan tonggak kemajuan bidang robotik sekaligus medis di dunia.

loading...