, ,

Ketika Sang Ibu dan Anak Tertular virus HIV Terkemas di Film Nada Untuk Asa

HARIANACEH.co.id — Nada Untuk Asa sebuah film yang menghadirkan kekuatan akting dari Marsha Timothy dan Acha Septriasa saat menderita HIV/AIDS. Sinopsis dari cerita film, ada perempuan bernama Nada (Marsha Timothy) harus menanggung malu karena positif tertular HIV.

Penyakit itu ia dapatkan dari suaminya, Bobi (Irgi Fahrezi). Mirisnya, Nada mengetahui hal itu setelah suaminya meninggal dunia. Di sisi lain, Nada harus mengurus ketiga anaknya yang masih kecil-kecil.

Belum selesai duka yang dirasakan, Nada harus kembali diuji. Ternyata anak bungsunya, Asa (Acha Septriasa) juga tertular penyakit yang memiliki stigma negatif di masyarakat itu. Namun karena dorongan adik iparnya Gita (Nadila Ernest) dan keluarga besarnya, Nada bangkit dan berhasil membesarkan anak-anaknya, termasuk Asa.

Asa tumbuh menjadi gadis cantik dan periang. Di saat banyak penderita HIV meratapi hidupnya, Asa justru sangat positif menjalani hidup selayaknya manusia pada umumnya. Sayang, stigma negatif di masyarakat tak bisa begitu saja dihapuskan. Sampai suatu saat Asa diberhentikan dari pekerjaan karena ketahuan mengidap HIV.

Meski menjadi pengangguran tak lantas membuat Asa bersedih. Hal itu justru membawanya bertemu dengan Wisnu (Darius Sinathrya). Wisnu merupakan seorang penulis novel yang sedang melakukan riset untuk buku terbarunya, yang bercerita tentang penderita HIV/Aids.

Kebetulan itu membawa Asa dan Wisnu dalam perasaan saling suka. Namun lagi-lagi HIV yang diderita Asa membuatnya bertanya-tanya akan perasaannya untuk Wisnu. Meski di sisi lain Wisnu terlihat serius menjalani hubungan dengannya.

Film arahan sutradara Charles Gozali ini menyajikan alur cerita maju-mundur. Membuat pertanyaan-pertanyaan di awal film terjawab satu persatu. Termasuk penyebab awal penyakit HIV yang diderita oleh Bobi.

Kehadiran sosok Wanda (Wulan Guritno) di tengah-tengah film menjadi titik terang jalan cerita. Lewat sosok Wanda juga, terlihat bagaimana kebesaran hati Nada diuji untuk kesekian kalinya.

Film yang terinspirasi dari kisah nyata ini akan mulai tayang pada 5 Februari mendatang. Film bergenre drama ini akan menyajikan cerita memilukan namun menginspirasi bagi banyak orang khususnya bagi para penderita HIV/AIDS.

  • Sutradara: Charles Gozali
  • Pemain: Marsha Timothy, Acha Septriasa, Darius Sinathrya, Wulan Guritno, Nadila Ernest, Mathias Muchus, Inong Nindya, Irgi Fahrezi
  • Genre: Drama
  • Durasi: 99 menit
  • Mulai tayang: 5 Februari 2015

loading...

KPK Absen di Sidang Praperadilan Budi Gunawan Ada Alasannya

‘Rahasia’ Kekuatan Diego Costa Dibocorkan Branislav Ivanovic