HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Menteri Susi Tidak Cabut Larangan Kapal Trawl Meski Diprotes Nelayan

3

HARIANACEH.co.id — Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menolak mencabut larangan penangkapan ikan dengan kapal trawl dan cantrang yang dianggap dapat merusak lingkungan.

Dihadapan perwakilan para nelayan Jawa Tengah yang menemuinya hari ini, Senin (2/2/2015), di gedung kementerian Jakarta, Susi mengatakan hanya akan menunda dan mengatur wilayah tangkapan para nelayan saja.

“Cantrang silakan diatur transisi dan saya tidak akan mencabut Permen saya. Saya akan atur waktu dan wilayah tangkap dalam juknis (petunjuk teknis),” seru Susi saat menjelaskan sikapnya di  Gedung Wuna Bahari III, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

Susi  juga meminta para nelayan berpikir ulang tentang dampak dari penggunaan alat tangkap trawl dan cantrang tersebut.

“Pikirkan hati nurani bapak, apakah cantrang ini ramah lingkungan atau tidak. Kalau semuanya pakai cantrang, bagaimana 20 tahun lagi? Kalau saya larang trawl agar mereka (kapal besar) tidak menangkap lagi,” tegasnya.

Dalam dialog tersebut, nelayan asal Jawa Tengah Safi’I mengungkapkan keberatannya atas aturan baru tersebut. Menurutnya, pelarangan penggunaan cantrang dan trawl mengakibatkan ratusan nelayan tidak dapat pergi melaut.

“Tidak bisa dengan diterbitkan Permen ini mandek. Kami kerjasama dengan perbankan mohon solusinya,” katanya.

loading...