HARIANACEH.co.id — Mahasiswa di Nanyang Technological University (NTU), Singapura berhasil menciptakan mobil listrik bertenaga surya yang seluruh bodinya dicetak menggunakan perangkat cetak 3 dimensi (3D), demikian diungkapkan universitas itu dalam siaran persnya, Senin (2/2/2015).

Mobil yang dinamai NTU Venture 8 (NV8) itu dilapisi dengan bodi yang dicetak menggunakan bahan serat karbon.

“Kami sangat bangga berhasil merancang dan merakit mobil 3D untuk mobil listrik ini,” kata Ng Heon Wah, salah satu pengajar di universitas itu.

Ia mengatakan bahwa mobil itu dilengkapi dengan sel-sel surya yang terbuat dari silicon, yang dibentuk atau dicetak mengikuti desain bodi mobil.

Baca Juga:  Mulai Januari 2015, Inggris Uji Coba Mobil Tanpa Pengemudi

Sementara menurut para mahasiswa yang terlibat dalam penelitian itu, NV8 yang dirancang sesuai konsep mobil urban, dengan struktur sarang lebah, dan teknik penyambungan khusus untuk menyatukan bagian-bagian bodi mobil.

Mobil yang diklaim bisa melesat dengan kecepatan 60 km/jam itu juga diklaim mempunyai struktur yang transparan, mirip “sayap capung”.

Rencananya, jelas NTU, mobil itu akan berpartisipasi dalam arena Shell Eco-marathon Asia dalam kategori Urban Concept. Ajang itu akan digelar di Manila, Filipina, mulai 26 Februari mendatang.

loading...