HARIANACEH.co.id — Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menantang mobil pribadi untuk melewati busway. Ia mengatakan bila ada yang berani lewat jalur khusus bus Transjakarta, mereka akan didenda Rp1 juta.

“Ya, silakan saja masuk busway, siap-siap kena tilang denda Rp1 juta,” kata lelaki yang biasa dipanggil Ahok itu di Balai Kota, Jakarta, Senin (2/2/2015).

Ahok yakin dengan denda sebesar itu, busway akan steril dari kendaraan pribadi.

“Enggak bakal masuk kalau (dendanya) sejuta, percaya sama saya. Orang gila apa (yang mau) masuk?” ujar Ahok.

Ahok mengungkapkan selama ini petugas seringkali dikerjai oleh pemilik mobil pribadi. Mereka tidak pernah kapok masuk jalur khusus itu.

Baca Juga:  Bangku AirAsia QZ8501 Ditemukan Helikopter Seahawk AS

“Justru orang-orang yang kaya bilang seperti ini, ‘sejuta ¬†gak apa-apa, masuk 10 kali cuma ketangkep sekali. berarti diskon dong?’ kurang ajar, kan,” kata Ahok.

“Sejuta kalau benar sekali bakalan mikir orang buat masuk, sebenarnya, tapi kalo cuma masuk 10 kali, kena sekali, dia pasti nekat 100 ribu kali (masuk),” Ahok menambahkan.

Selain denda, Ahok masih punya rencana untuk membuat busway steril dari mobil pribadi. Yakni, dengan memasang palang pintu otomatis dengan menggunakan kartu yang telah terintegrasi dengan palang itu. Nanti, katanya, hanya bus Transjakarta yang memiliki kartunya.

“Nah makanya kita mau pasang separator, mau pasang gate, kita gak bisa mengharapkan masuk enggak kena tilang, enggak bisa,” kata Ahok.

Baca Juga:  Tokoh Agama Berkumpul di Mabes Polri Terkait Konflik Tolikara
loading...