HARIANACEH.co.id — ┬áMenteri Sekretariat Negara Pratikno mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ┬átelah menandatangani Undang-Undang mengenai Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota serta Pemerintahan Daerah.

“Presiden telah menandatangani Undang-Undang tentang Pilkada dan pimpinan daerah, yaitu Nomor 1 dan Nomor 2,” katanya usai Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi II DPR, di Jakarta, Senin (2/2/2015).

Pratikno tidak merinci nomor undang-undang tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota serta mengenai Pemerintahan Daerah.

Namun Mensesneg menegaskan bahwa kedua peraturan itu sudah ditandatangani dan telah diberi lembaran negara serta segera diserahkan ke DPR.

“Saya cek dulu (nomor kedua perundangan-undangan) namun yang jelas sudah ditandatangani, diberi nomor dan sudah diberi lembaran negara,” ujarnya.

Baca Juga:  Kejagung Rencananya Akan Dilaporkan Hary Tanoe ke Bareskrim

Praktikno mengatakan, saat ini kedua perundangan itu sudah diserahkan ke Kementerian Hukum dan Ham, diharapkan sore ini kelar. Namun menurut dia apabila prosesnya tidak selesai maka diharapkan pada Selasa (3/2/2015) pagi.

“Pak Presiden belum memberikan tanggapan (terkait revisi UU Pilkada di DPR) karena beliau baru tanda tangan dan masih menunggu prosesnya di Kemenkumham sore ini,” katanya.

Dia menjelaskan tanggapan pemerintah mengenai revisi UU Pilkada, mengikuti proses di Komisi II DPR. Setelah selesai menurut dia hasilnya akan diserahkan kepada Presiden Jokowi lalu segera ditelaah lalu diterbitkan Amanat Presiden mengenai hal tersebut.

“Kami akan segera telaah dan menerbitkan Ampres ketika proses revisi UU Pilkada telah selesai,” ujarnya.

Baca Juga:  Ini Visi dan Misi Tarmizi A Karim - T. Machsalmina Ali
loading...