HARIANACEH.co.id¬†—¬†Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) masih menunggu apakah Presiden Joko Widodo akan melantik Komjen Budi Gunawan menjadi kapolri atau tidak. Jika tidak, Kompolnas akan menyiapkan nama calon kapolri baru.

Komisioner Kompolnas Hamidah Abdurrahman mengatakan, jika Presiden meminta, sesuai ketentuan Kompolnas akan mengajukan nama-nama perwira tinggi yang sudah senior untuk menjadi calon kapolri.

Kemungkinan, Kompolnas akan mengajukan delapan nama calon kapolri yang sebelumnya sudah diajukan, plus nama Kabareskrim Budi Waseso yang sebentar lagi akan berpangkat Komisaris Jenderal. Rekam jejak nama-nama itu akan kembali digodok Kompolnas.

Untuk diketahui, pelantikan Budi Gunawan menjadi kapolri tersandera status tersangka yang dikeluarkan Komisi Pemberantasan Korupsi. Budi diduga memiliki rekening tidak wajar.

Baca Juga:  Ternyata Populer Di Media Sosial Dapat Memberikan Pengaruh Buruk

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menegaskan Presiden wajib melantik Budi Gunawan karena proses politik di DPR sudah selesai. Dia mengatakan, Undang-Undang Polri memang tidak mengatur batas waktu presiden melantik kapolri.

“Tapi kewajiban tentu ada, karena presiden sudah mengirim (nama calon kapolri) ke DPR dan disetujui,” kata Arsul, beberapa waktu lalu.

loading...