HARIANACEH.co.id — Warga Islandia akan bisa kembali memeluk dan menjalankan praktek agama Pagan secara terbuka karena mulai pekan ini sebuah kuil agama purba itu sudah mulai dibangun. Itu adalah kuil pagan pertama yang didirikan sejak era Viking.

Seperti yang diberitakan The Guardian, Islandia akan mulai membangun sebuah kuil Norse, salah satu kepercayaan dalam Paganisme, di dekat ibu kota Reukjavik. Kuil itu akan menjadi tempat ibadah pertama ribuan umat Norse di Islandia.

Di Islandia agama Pagan – sebuah kepercayaan purba Eropa yang mengimani dewa-dewa – mulai ditinggalkan dan tersisih oleh agama Kristen di sekitar 1000 tahun lalu. Tetapi kini, sebuah versi moden dari Paganisme Norse, mulai digemari lagi di Islandia.

Baca Juga:  93 Warga Irak Tewas Pasca 3 Ledakan Bom ISIS

Menurut data badan statistik Islandia popularitas agama Norse terus naik di beberapa tahun terakhir. Pada 2014 jumlah pemeluk Norse di Islandia naik tiga kali lipat dalam 10 tahun terakhir, menjadi lebih dari 2.400 orang.

“Saya tak percaya ada lagi manusia di Bumi yang mengimani seorang dewa bermata satu, yang menunggangi kuda berkaki delapan,” kata Hilmar Orn Hilmarson, imam agung Asatruarfelagio, sebuah asosiasi yang mempromosikan kepercayaan Norse di Islandia.

“Kami melihat kisah-kisah itu hanya sebagai sebuah metafora puitis dan sebagai manifestasi kekuatan alam dan psikologi manusia,” imbuh Hilmarson.

Kuil Norse yang akan dibangun itu berbentuk bulat di atas sebuah bukit yang menghadap ke arah Reykjavik. Kuil tanpa dinding itu hanya akan dilengkali sebuah kubah. Layaknya rumah ibadah lain, kuil itu akan menjadi tempat menyelenggarakan ibadah pernikahan, kematian, dan kelahiran anak.

Baca Juga:  Jerman Tuai Kecaman Keras atas Kematian Jaber al-Bakr
loading...