HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Mobil Wuling Hong Guang dari Cina Akan Dipasarkan GM ke Indonesia

2

HARIANACEH.co.id – General Motors bermitra dengan SAIC Motor Corp dari Cina akan segera memboyong mobil bermerek Wuling ke Indonesia, demikian dilaporkan Reuters akhir pekan lalu. Rencananya Indonesia tidak hanya menjadi pasar, tetapi juga pusat produksi yang akan menghasilkan mobil-mobil untuk diimpor ke kawasan Asia Tenggara.

Kedua perusahaan itu, yang akan membentuk sebuah usaha patungan di Indonesia, juga sudah membeli sebuah lahan di luar Jakarta yang akan menjadi pusat produksi mobil multi purpose vehicle, jenis mobil yang sangat laris di Tanah Air.

Mobil-mobil Wuling yang diproduksi di Indonesia akan dipasarkan dengan harga cukup murah, sekitar 30.000 yuan atau sekitar Rp60,6 juta per unitnya.

Sebelumnya GM dan SAIC sudah masuk ke pasar India dan karenanya Indonesia akan menjadi pasar kedua di Asia, selain Cina, yang digarap oleh kedua perusahaan itu. GM sendiri sudah lebih dulu masuk ke Tanah Air dengan merek Chevrolet dan andalannya Chevrolet Spin.

Direktur GM Cina, Matt Tsien, mengatakan bahwa Wuling tidak akan bersaing dengan Chevrolet dan alih-aliah akan saling melengkapi.

“Fungsi, gaya yang menarik, dan nilai lebih akan menjadi fokus Wuling,” kata Tsien, “Itu adalah elemen dasar yang sudah terbukti berhasil di Cina dan kami yakin dengan SAIC-GM-Wuling maka hal itu juga akan berhasil diterapkan di Indonesia.”

Masuk ke Indonesia, Wuling akan menghadapi persaingan ketat dari merek-merek Jepang yang sudah lama dan mapan di Tanah Air. Sebut saja Toyota, Honda, dan Nissan dengan mobil-mobil seperti Avanza, Mobilio, dan Livina yang sangat mudah ditemukan di jalan-jalan Indonesia.

Tetapi hal itu tak membuat Tsien gentar.

“Masih ada banyak ruang untuk bermain,” ujar dia.

loading...