HARIANACEH.co.id¬†—¬†Pergerakan rupiah pada penutupan perdagangan sore hari ini minim sentimen positif. Rupiah sepanjang hari ini terus bergerak melemah dan harus kembali terpuruk.

Mengutip Bloomberg, Selasa (3/2/2015), rupiah berada di level Rp12.657 per USD dibandingkan perdagangan pagi tadi di Rp12.623 per USD. Sementara berdasarkan data Yahoo Finance, rupiah berada di level Rp12.654 per USD dibandingkan sebelumnya di Rp12.645 per USD.

Sementara itu, berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia (BI) atau kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) USD-IDR, mata uang Garuda ini berada di level Rp12.643 per USD jika dibandingkan dengan perdagangan sehari sebelumnya di posisi Rp12.700 per USD.

Baca Juga:  Sejak 2008, Dow dan S&P 500 Cetak Kerugian Tahunan Terburuk

Sejak perdagangan Senin, 2 Februari 2015, rupiah melemah tajam bersama dengan mata uang lainnya di Asia. Buruknya data PMI manufacturing Tiongkok di pagi hari juga mendukung pelemahan bursa dan mata uang regional.

Mengutip riset Samuel Sekuritas, situasi politik dalam negeri masih memberikan tambahan sentimen negatif terhadap rupiah akan tetapi Presiden Jokowi berjanji akan mengambil sikap terhadap pencalonan Kapolri pada minggu ini.

loading...